Brasil Larang Apple Jual iPhone Tanpa Charger

Kompas.com - 08/09/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Apple memutuskan menjual iPhone tanpa charger, tepatnya saat iPhone 12 dirilis pada tahun 2020. Perusahaan berdalih keputusan itu terkait dengan upayanya untuk menjaga lingkungan dari sampah elektronik.

Namun, pemerintah Brasil menilai keputusan Apple menjual iPhone tanpa charger justru merugikan konsumen. Sebab, Apple dianggap menawarkan produk yang tidak lengkap. Selain itu, praktik ini juga dinilai mendiskriminasi konsumen.

Oleh sebab itu, Kementerian Kehakiman Brasil meminta Apple untuk menyetop penjualan iPhone yang tidak dilengkapi charger dalam kemasannya. Selain melarang penjualan iPhone tanpa charger, regulator Brasil juga menetapkan denda 12,275 juta real Brasil atau setara Rp 34,9 miliar.

Baca juga: iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan Earphone, Ini Penjelasan Apple

Keputusan ini berlaku untuk iPhone 12 dan iPhone baru lainnya yang tidak dilengkapi charger, termasuk iPhone 13.

Apple sudah menjelaskan kepada regulator Brasil bahwa absennya charger di kemasan iPhone adalah untuk memberikan manfaat bagi lingkungan dan mengurangi limbah.

Selain itu, Apple juga menilai bahwa sebagian besar penggunanya sudah memiliki adaptor daya dan memberi tahu mereka bahwa absennya charger merupakan bagian dari tujuan menjaga lingkungan.

Namun Kementerian Kehakiman Brasil tak sepakat soal argumen Apple itu. Sebab pihaknya menilai tidak ada bukti bahwa menjual smartphone tanpa charger dapat ikut membantu melindungi lingkungan. Oleh karena itu, Apple didenda dan dilarang menjual iPhone tanpa charger di Brasil.

Sebelumnya, Apple juga didenda hampir 2 juta dollar AS (Rp 29,8 miliar) di negara bagian San Paulo, Brasil karena menjual iPhone tanpa charger. Menurut badan perlindungan konsumen setempat, praktik itu melanggar Kode Hukum Konsumen.

Baca juga: Jual iPhone Tanpa Charger, Apple Didenda Rp 27 Miliar

Apple bakal ajukan banding

Apple dilaporkan akan mengajukan banding atas keputusan Kementerian Kehakiman Brasil. Upaya ini disampaikan perusahaan melalui pernyataan kepada Bloomberg.

Apple berkata akan terus bekerja dengan agen perlindungan konsumen di Brasil untuk "menyelesaikan kekhawatiran mereka", sembari mengajukan banding.

"Kami sudah memenangkan beberapa putusan pengadilan di Brasil terkait masalah ini dan kami yakin pelanggan kami paham berbagai opsi untuk mengisi daya dan menghubungkan perangkat mereka," kata Apple dalam pernyataan itu, dikutip KompasTekno dari MacRumors, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Jual iPhone Tanpa Charger, Apple Hemat Rp 93 Triliun

Apple saat ini sedang bersiap meluncuran perangkat baru yang diprediksi merupakan iPhone 14 series. Bila ponsel ini juga dirilis tanpa charger dalam kotaknya, maka penjualannya kemungkinan juga akan diblokir di Brasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.