iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan Earphone, Ini Penjelasan Apple

Kompas.com - 14/10/2020, 11:04 WIB
Ilustrasi lima varian warna iPhone 12. AppleIlustrasi lima varian warna iPhone 12.

KOMPAS.com -  Apple baru saja meluncurkan jajaran iPhone 12 yang terdiri dari iPhone 12 mini, iPhone 12 "reguler", iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya, lini iPhone 12 dijual tanpa disertai charger dan earphone dalam paket pembelian.

Pembeli iPhone 12 hanya akan mendapatkan satu buah kabel konverter Lightning to USB-C dan satu buah unit ponsel saja. Dengan demikian, pengguna "dipaksa" untuk membeli kepala charger secara terpisah.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Apple sengaja menghilangkan kedua aksesori tersebut dengan alasan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Baca juga: Apple Umumkan iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan Pro Max

Langkah tersebut, dikatakan Apple, dapat mengurangi aktivitas penambangan untuk
digunakan sebagai bahan baku pembuatan aksesori pelengkap smartphone.

Sebab, semakin banyak mesin penambang yang bekerja, maka semakin besar pula konsumsi listrik yang dikeluarkan.

Ilustrasi kotak kemasan iPhonemacrumors Ilustrasi kotak kemasan iPhone
"Ini merupakan upaya kami untuk menjaga lingkungan. iPhone 12 tidak menyertakan adaptor daya atau EarPods. Silakan gunakan adaptor daya dan headphone Apple Anda yang saat ini masih terpakai atau membeli aksesori tersebut secara terpisah," ungkap pihak Apple.

Baca juga: iPhone 12 Mini Resmi, Ponsel 5G Tertipis dan Teringan di Dunia

Menurut Apple, perubahan ini dapat mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahunnya yang setara dengan menghilangkan 450.000 unit mobil di jalan raya selama satu tahun.

Vice President Apple, Lisa Jackson, juga mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 2 miliar adaptor charger di dunia.

Menurut Lisa, saat ini semakin banyak pelanggan yang sudah beralih ke metode pengisian daya secara nirkabel.

Selain iPhone 12, Apple juga menerapkan perubahan baru ini untuk penjualan model iPhone lainnya, seperti di iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE (2020) sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (14/10/2020).

Di samping itu, kotak penjualan iPhone 12 juga bisa dirancang seramping mungkin agar lebih ramah lingkungan. Sebab, kepala charger biasanya memiliki dimensi tebal dan memakan tempat.

Baca juga: Ini Harga dan Jadwal Penjualan iPhone 12 di Singapura


Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X