6 Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Download File

Kompas.com - 13/09/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Google Drive merupakan perangkat penyimpanan lunak yang disediakan oleh Google. Dalam setiap akun Google akan diberikan penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk akun pribadi dan 30 GB untuk akun perusahaan.

Namun, pernahkah Anda saat mendownload suatu file di Google Drive mengalami kegagalan unduh? Saat tidak dapat mendownload file tersebut Google menampilkan notifikasi bahwa Google membatasi akses file Anda sendiri.

Alasan mengapa Google Drive tidak dapat mengunduh file Anda diantaranya adalah Google Drive tidak memiliki kontrol penuh atas file Anda.

Karena pada umumnya terdapat tiga faktor kesalahan saat gagal mengunduh file di Google Drive, diantaranya adalah faktor akun pengguna Anda, browser Anda, atau Mac Anda (bahkan kombinasi dari semua faktor).

Baca juga: Fitur Tersembunyi Google Drive, dari Buka Dokumen Offline hingga Copas yang Lebih Mudah

Cara mengatasi Google Drive tidak bisa download file

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi Google Drive tidak bisa mengunduh file. 

Menggunakan Cara Pengunduhan yang Lain

Pertama, jika Anda tidak dapat mengunduh file Google Documents, coba buka di editor, lalu pilih 'File Unduh' > pilih format

Kedua, untuk file lain, Anda dapat mengklik kanan di 'Google Drive Unduh'

Ketiga, Anda dapat memilih file apa saja, lalu buka menu di bilah atas menggunakan ikon tiga titik ‘Unduh’

Keempat, jika Anda mengklik dua kali pada foto dan PDF, atau jika Anda memilih Pratinjau dari menu atas untuk berkas lain, Anda dapat mengklik ikon unduh di bagian atas

Kelima, ketika Anda mencoba mengunduh beberapa file sekaligus, Google Drive akan membuat arsip zip. Ada beberapa contoh di mana arsip ini dapat gagal diunduh

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.