Kompas.com - Diperbarui 15/09/2022, 08:11 WIB

KOMPAS.com - Pada 12 September lalu, Apple telah resmi menggelontorkan sistem operasi (OS), iOS 16, versi final secara gratis ke seluruh pengguna iPhone. Sistem operasi tersebut juga menghadirkan berbagai fitur baru.

Salah satu fitur yang cukup ditunggu-tunggu adalah persentase daya baterai yang muncul di dalam ikon baterai. Pasalnya, fitur tersebut mulai dihapus Apple sejak iPhone X meluncur pada 2017 lalu.

Meski fitur persentase daya baterai kembali lagi lewat iOS 16, Apple mengungkap fitur ini tidak digulirkan ke semua model iPhone. Setidaknya ada empat model iPhone yang tidak akan melihat kebaruan fitur ini, yakni:

  • iPhone XR
  • iPhone 11 “reguler”
  • iPhone 12 Mini
  • iPhone 13 Mini

Alasan fitur persentase baterai tersebut absen di keempat model iPhone di atas tidak dirincikan lebih lanjut oleh Apple. Padahal, fitur tersebut masuk dalam daftar dari fitur yang paling diinginkan oleh penggunna iPhone.

Baca juga: iOS 16 Resmi Dirilis, Ini 5 Fitur Baru Menarik yang Wajib Dicoba di iPhone

Terlepas dari hal tersebut, di tampilan iOS 16, angka persentase baterai terletak di dalam ikon baterai guna mempermudah pengguna memantau daya yang tersisa di iPhone.

Apabila ponsel mengaktifkan mode daya rendah (lower mode), baterai yang awalnya berwarna hijau akan berubah menjadi kuning.

Tampilan baterai akan berubah juga ketika pengguna mengisi daya. Ikon baterai yang berwarna hijau itu akan muncul dengan simbol listrik di sebelah kanan angka persentase.

Tampilan ini tidak diatur secara default oleh Apple. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus terlebih melalukan beberapa langkah singkat.

  • Buka menu Settings (pengaturan)
  • Pilih pengaturan Battery (baterai)
  • Aktifkan Battery Percentage (persentase baterai)

Fitur di iOS 16

Ilustrasi iOS 16Apple Ilustrasi iOS 16
Selain persentase baterai, iOS 16 juga memungkinkan pengguna untuk memodifikasi lock screen, yaitu pengguna dapat mengubah tampilan jam, tanggal, jenis font, warna tulisan, hingga menambahkan widget di layar lockscreen.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 16, Termasuk iPhone 8

Lalu, pengguna juga dapat menyalin teks dan video yang dijeda (pause), berbagi foto via iCloud, Apple Pay Later, menggunakan pemindai wajah (FaceID)/TouchID untuk mengautenfifikasi akun di situs/web.

Fitur lainnya adalah “Share Tab Group” yang memungkinkan pengguna membagikan tab peramban di Safari yang tengah dibuka pengguna lain. Lalu, mengirim email yang terjadwal layaknya fitur Gmail, membatalkan hingga mengubah pesan yang sudah dikirim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.