Kurangi Kesenjangan Digital, Indonesia Gelar Kabel Serat Optik Sepanjang 11 Kali Keliling Bumi

Kompas.com - 27/09/2022, 19:45 WIB
|

BUCHAREST, KOMPAS.com - Untuk mengurangi kesenjangan digital dunia, Indonesia menggelar kabel serat optik sepanjang 460.000 km yang membentang di darat dan bawah laut Nusantara. Kabel sepanjang itu setara dengan 11 kali keliling bumi. Panjang keliling bumi adalah 40.075 km.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, ratusan ribu kilometer kabel optik tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam menyediakan infrastruktur digital yang inklusif, terjangkau, dan aman untuk penduduk Indonesia.

“Saat ini, kami berada di tengah-tengah penggelaran kabel serat optik di darat dan bawah laut sebagai tulang punggung konektivitas masyarakat Indonesia,” kata Johnny saat memberikan policy statement dalam konferensi internasional Telecommunication Union (ITU) 2022 di Bucharest, Rumania, Selasa (27/9/2022).

Upaya Indonesia membangun infrastruktur digital merupakan bagian dari cita-cita Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk memberikan akses internet kepada semua orang di muka bumi.

PBB menargetkan, setiap orang di dunia sudah harus terhubung dengan internet pada 2030. PBB berkeyakinan, akses internet akan membuat kehidupan umat manusia di planet ini menjadi lebih baik.

Sebab, jaringan internet membuka ruang bagi semua orang untuk mendapatkan kesempatan yang sama mengakses sumber-sumber ekonomi, pendidikan, kesehatan, informasi, dan aneka kebutuhan hidup lainnya.

Menkominfo hadir di konferensi ITU bersama Sekretaris Jenderal Kominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya Pos dan Perangkat Pos Informatika Kominfo Ismail, dan Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latief.

Konferensi dihadiri oleh para menteri negara-negara anggota ITU dan perwakilan industri telekomunikasi di seluruh dunia.

Baca juga: Mengenal ITU, Organisasi Dunia yang Kurang Populer tapi Sangat Memengaruhi Kehidupan Kita

2,7 miliar orang belum terhubung internet

Saat ini, masih ada 2,7 miliar orang atau sepertiga populasi dunia yang belum terhubung dengan internet. Dari jumlah itu, sekitar 60 jutanya ada di Indonesia.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), per kuartal I/2022 jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai 210,02 juta pengguna atau 77,02 dari populasi Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.