Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Permudah Pengguna Chrome Telusuri History dan Bookmark

Kompas.com - 29/09/2022, 18:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google menghadirkan fitur pintasan baru di omnibox (kotak pencarian URL Chrome) untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian.

Kali ini, pengguna Google Chrome versi desktop bisa langsung menelusuri seluruh riwayat penelusuran, situs web yang difavoritkan (bookmark), dan seluruh tab yang sedang dibuka langsung dari omnibox.

Hal tersebut dimungkinkan karena Google menghadirkan fitur bernama "Omnibox Site Search Starter Pack".

Sebelumnya, pengguna harus membuka menu "History" dan "Bookmark" bila ingin melihat kembali situs web yang pernah dikunjungi atau disimpan.

Baca juga: Sejarah hingga Perkembangan Google Chrome

Bila pengguna memiliki riwayat browsing dan bookmark yang bejibun, melakukan pencarian secara manual bakal menyita waktu pengguna. Nah, di sinilah fungsi fitur Omnibox Site Search Starter Pack.

Tampilan pintasan @bookmarks, @history, dan @tabs di omnibox Google Chrome.9to5Google Tampilan pintasan @bookmarks, @history, dan @tabs di omnibox Google Chrome.
Pengguna bisa menelusuri riwayat browsing dengan memasukkan pintasan "@history plus spasi" (tanpa tanda kutip), seperti gambar di atas. Nantinya, omnibox bakal menampilkan mode "Search Chrome History". Setelah itu, pengguna tinggal memasukkan kata kunci history yang ingin dibuka.

Misalnya, kami ingin membukan history browsing kami tentang Justin Bieber. Sembari memasukkan kata kunci, pengguna bakal melihat berbagay situs web yang pernah dikunjungi dengan kata kunci terkait. Pengguna tinggal mengeklik salah satunya untuk kembali mengunjungi situs web tersebut.

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google Search di Android

Hal tersebut juga berlaku untuk bookmark dan tab. Pengguna hanya perlu memasukkan "@bookmarks plus spasi" kemudian masukkan kata kunci untuk mencari situs web yang pernah difavoritkan oleh pengguna.

Terkadang, pengguna juga "menimbun" tab atau jendela yang sangat banyak di Google Chrome. Sehingga tak jarang membuat pengguna sulit mencari tab tertentu.

Nah, pengguna tinggal memasukkan pintasan "@tab plus spasi" kemudian masukkan kata kunci untuk mencari tab yang dimaksud.

Masih dalam tahap eksperimen

Perlu dicatat, fitur pintasan Omnibox Site Search Starter Pack merupakan fitur eksperimen di Google Chrome. Dengan kata lain, Google belum merilisnya secara resmi ke publik.

Pengguna bisa mengaktifkan fitur tersebut secara mandiri dengan cara memasukkan alamat "chrome://flags/#omnibox-site-search-starter-pack" (tanpa tanda kutip) di omnibox atau melalui tautan berikut ini.

Baca juga: Google Temukan Celah Berbahaya, Ini Versi Browser Chrome yang Aman

Nanti, pengguna bakal melihat hasil "Omnibox Site Search Starter Pack" di paling atas. Ubah pengaturan "default" menjadi "enabled". 

Pengguna juga bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Omnibox Site Search Starter Pack kapan saja diinginkan. 

Untuk menonaktifkan, pengguna tinggal klik opsi "disabled". Atau pengguna bisa memilih opsi "default" untuk kembali ke pengaturan awal, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (29/9/2022).

Google mengimbau, dengan mengaktifkan fitur eksperimen macam ini, pengguna berpotensi menerima bug, hingga kehilangan data browser atau membahayakan keamanan atau privasi pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com