Kompas.com - Diperbarui 05/10/2022, 07:49 WIB

KOMPAS.com - Pada ajang Tesla AI Day 2021 lalu, produsen mobil listrik Tesla memamerkan sebuah konsep robot mirip manusia (humanoid) yang bisa melakukan beragam hal.

Konsep robot tersebut didemonstrasikan dengan seorang manusia yang menggunakan kostum menari-nari di atas panggung.

Kini dalam ajang Tesla AI Day 2022 yang digelar akhir September 2022, konsep robot tersebut akhirnya diwujudkan dalam sebuah prototip robot nyata yang bernama "Optimus".

"Tahun lalu kami menunjukkan orang berkostum yang memperagakan kemampuan robot kami. Namun kini kami akan menunjukkan sesuatu (robot betulan) yang tentunya bakal lebih mumpuni," ujar CEO Tesla, Elon Musk, dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Amazon Perkenalkan Astro, Robot Pintar Penjaga Rumah

Tak hanya mengumumkan robot Optimus, Musk juga turut memamerkan desain dan kemampuan robot tersebut di atas panggung Tesla AI Day 2022.

Dalam sesi demonstrasi, bisa dilihat bahwa robot Optimus bisa berjalan dengan bebas di atas panggung tanpa disambung dengan kabel.

Selain itu, robot Optimus juga bisa menggerakkan semua jarinya dengan bebas, serta melambaikan tangannya kepada para tamu yang hadir.

Robot Optimus menyiram tanaman.Tesla Robot Optimus menyiram tanaman.

Dalam sebuah video yang ditayangkan dalam acara, robot Optimus juga terlihat bisa melakukan beragam hal yang biasa dilakukan manusia sehari-hari.

Di antaranya seperti mengantarkan paket, menyiram tanaman, membongkar suatu barang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Xiaomi Bikin Robot Anjing CyberDog, Dijual Rp 22 Juta

Tidak disebutkan kapan robot Optimus bakal dirilis ke publik. Yang jelas, dalam beberapa tahun ke depan, robot ini akan terus dikembangkan hingga nantinya bisa menjadi "teman" manusia dan melakukan berbagai hal dengan mulus.

Ketika sudah sempurna, robot ini, menurut Musk, lantas bakal diproduksi secara massal dan bakal dibanderol dengan harga puluhan ribu dolar AS.

"Kami merancang Optimus supaya bisa diproduksi dalam jutaan unit. Prediksi saya, robot ini mungkin bakal dibanderol sekitar 20.000 dolar AS (sekitar Rp 305 juta)," pungkas Musk.

Penasaran bagaimana aksi robot Optimus di atas panggung Tesla AI Day 2022? Anda bisa menyimak tayangan ulang ajang tahunan Tesla itu dalam video di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mashable


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.