Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video 4K YouTube Tak Jadi Harus Bayar

Kompas.com - 19/10/2022, 07:05 WIB

KOMPAS.com - YouTube belakangan diketahui sedang menguji opsi berbayar untuk video berkualitas 4K. Dengan opsi ini, video 4K di YouTube hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang berlangganan YouTube Premium.

Namun YouTube kini menghentikan uji coba tersebut tanpa menjabarkan alasan di balik keputusannya. Platform berbagi video ini juga memastikan bahwa video berkualitas 4K ke depannya bisa dinikmati semua pengguna, baik pengguna gratis maupun YouTube Premium.

Keputusan penghentian uji coba konten 4K berbayar diketahui dari twit YouTube yang merespons tanggapan pengguna Twitter.

Pengguna dengan akun Twitter ber-handle @nandan_priyansh mengeluhkan uji coba opsi berbayar untuk video 4K. Namun kemudian YouTube berkata bahwa pihaknya menonaktifkan eksperimen itu.

Baca juga: Nonton Video 4K di YouTube Harus Bayar Dulu?

"Kami sepenuhnya menonaktifkan eksperimen ini. Sekarang pengguna bisa mengakses resolusi 4K tanpa berlangganan Premium," kata YouTube melalui akun Twitter berhandle @TeamYouTube.

Sebelumnya pengguna ramai membahas siasat YouTube untuk "memaksa" mereka berlangganan YouTube Premium melalui opsi resolusi 4K. Ketika pengguna yang terdampak uji coba membuka opsi kualitas 4K, terdapat keterangan yang mengarahkan pengguna untuk upgrade ke YouTube Premium.

Saat itu YouTube tak mengonfirmasi upaya uji coba tersebut. Namun berdasarkan pernyataan terbaru perusahaan di Twitter, pengguna kini bisa leluasa mengaktifkan resolusi 4K untuk berbagai video di YouTube secara gratis, tanpa perlu menjadi pelanggan YouTube versi berbayar.

YouTube juga uji coba 10 iklan tanpa skip

Selain uji coba konten 4K berbayar, YouTube juga diketahui menguji iklan tanpa skip dalam jumlah yang lebih banyak dibanding sebelumnya.

Pengguna bahkan melihat 5 sampai 10 iklan yang disematkan YouTube dan tidak dapat dilewati (skip) sama sekali.

Tampilan iklan di YoutubeReddit Tampilan iklan di Youtube

Praktik ini lantas menuai kritik dari sejumlah pengguna. Menurut salah seorang pengguna di Reddit, iklan itu memang berdurasi pendek, masing-masing sekitar 5-6 detik.

Baca juga: Video YouTube Bisa Dipotong Jadi Klip Tanpa Aplikasi Tambahan, Begini Caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.