Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2022, 15:44 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) dilaporkan mengalami gangguan, alias down pada Selasa (25/10/2022) sekitar pukul 14.10 WIB. Gangguan WhatsApp sudah berlangsung sekitar 1 jam lebih. Hingga pukul 15.07 WIB platform besutan Meta tersebut masih belum kembali normal.

Selama lebih dari satu jam terakhir, WhatsApp down terjadi pada WA web, desktop, hingga mobile. Pengguna tidak dapat mengirimkan pesan teks ataupun media melalui grup WhatstApp ataupun personal chat (chat pribadi).

Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa pesan yang dikirim hanya menunjukkan centang satu, bukan centang dua. Artinya, pesan yang dikirim tidak diterima oleh penerima pesan.

WhatsApp down juga menyebabkan pengguna WA web dan desktop tidak dapat terkoneksi ke akun Whatsapp. Notifikasi yang muncul adalah “Connecting to Whatsapp. Make sure your computer has an active internet” (Terhubung ke Whatsapp. Pastikan komputer/perangkat Anda terkoneksi jaringan internet). Keterangan itu muncul meskipun koneksi internet lancar.

Baca juga: WhatsApp Error, Pengguna Keluhkan WA Down Hari Ini

Topik gangguan yang terjadi di Whatsapp pun mendadak menjadi pembahasan yang paling banyak dibahas di platform mikroblogging Twitter. Tercatat ada sekitar 481.000 twitseputar “Whatsapp”, 11.800 cuitan tentang “WA Down”, dan jumlahnya akan semakin bertambah.

Sementara itu, merujuk data dari situs navigasi Down Detector, laporan Whatsapp error mulai meningkat sejak pukul 13.56 WIB sebanyak 299 laporan. Pada pukul 15.17, jumlah laporan melesat tajam hingga 4.540 laporan.

Menurut laporan dari Endgadget, pemadaman ini tidak hanya dialami pengguna WhatsApp di Indonesia, namun juga terjadi secara global, seperti di negara Amerika Serikat, Kanada, Italia, India, Malaysia, Jepang, Filipina, dan lainnya.

Baca juga: WhatsApp Down Hari Ini Jadi Juara Trending Topic Dunia

Sampai kapan WA down?

Kapan WhatsApp akan kembali normal? Meta telah merespons WhatsApp down yang dialami penggunanya secara global. Melansir Tech Crunch, Selasa (25/10/2022) juru bicara Meta mengatakan akan berupaya memulihkan layanan.

"Kami memahami sebagian pengguna mengalami gangguan ketika mengirim pesan saat ini dan kami sedang berusaha memulihkan WhatsApp untuk seluruh pengguna secepat mungkin," kata juru bicara WhatsApp," kata juru bicara Meta.

Hingga saat berita ini ditulis, WhatsApp error masih dialami pengguna di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: Meta Akui WhatsApp Gangguan, Janji Pulihkan Secepat Mungkin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.