Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ramai Akun Instagram Ditangguhkan Tadi Malam, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 01/11/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Layanan Instagram mengalami down atau error pada Senin (31/10/2022) malam, sekitar pukul 20.40 WIB. Sejumlah pengguna mengaku akun Instagram ditangguhkan atau kena suspend dan tidak bisa login.

Selain mengalami akun Instagram ditangguhkan atau di-suspend, pengguna juga mengeluh tidak bisa melihat postingan IG Stories di linimasa/timeline mereka. Keluhan lain dari pengguna adalah jumlah follower yang tiba-tiba berkurang drastis.

Lantas, mengapa Instagram down dan akun Instagram ditangguhkan tadi malam?

Usut punya usut, penyebab ramai akun Instagram ditangguhkan pada Senin malam adalah karena bug.

Hal ini diungkap oleh Instagram melalui akun Twitter resminya dengan handle @InstagramComms, pada Selasa (1/11/2022) pagi waktu Indonesia. CEO Instagram, Adam Mosseri, juga mengunggah pernyataan serupa melalui akun resminya di Instagram.

Baca juga: Reaksi Instagram atas Keluhan Down, Follower Berkurang, dan Penangguhan Akun

Dalam kasus ini, bug merupakan kecacatan atau kerusakan teknis di dalam aplikasi Instagram. Sehingga menyebabkan pengguna Instagram tidak bisa login, akun Instagram ditangguhkan atau kena suspend, tidak bisa melihat postingan Instagram Stories, dan jumlah follower tiba-tiba berkurang drastis.

Namun, Instagram memastikan bug dalam aplikasinya itu sudah diatasi dan Instagram sudah kembali normal.

"Kami telah mengatasi bug ini sekarang – ini menyebabkan orang-orang di berbagai belahan dunia mengalami masalah dalam mengakses akun mereka dan menyebabkan perubahan sementara pada beberapa jumlah pengikut. Maaf!" twit InstagramComms.

Instagram down secara global

Di wartakan sebelumnya, Instagram down ini tampaknya terjadi secara global. Pasalnya, keluhan Instagram error ternyata tak hanya dirasakan di Indonesia.

Pengguna Instagram di sejumlah negara, seperti Singapura, Malaysia, sebagian Amerika Serikat (AS), dan negara-negara Eropa juga mengeluhkan error yang sama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.