Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Nova Y61 Meluncur dengan Kamera 50 MP dan Baterai 5.000 mAh

Kompas.com - 01/11/2022, 08:46 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Huawei

KOMPAS.com - Huawei resmi mengumumkan smartphone terbarunya di segmen menengah (mid-range), yaitu Huawei Nova Y61. Ponsel ini dirilis secara global dan menjadi penerus dari Nova Y60.

Dari segi tampang, Huawei Nova Y61 tak banyak berbeda dari Nova Y60. Ponsel ini masih memiliki layar dengan poni berbentuk tetesan air (waterdrop) serta modul kamera belakang yang berbentuk persegi.

Namun, Huawei sedikit merombak bodi Huawei Nova Y61 dengan desain tepian yang datar (flat frame), alih-alih melengkung seperti Huawei Nova Y60.

Spesifikasi Huawei Nova Y61

Untuk spesifikasi, Huawei Nova Y61, ponsel ini mengusung layar LCD 6,52 inci dengan resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel) dan refresh rate 60 Hz.

Baca juga: Huawei Nova 10 SE Meluncur dengan Kamera 108 MP

Di sektor fotografi, ponsel ini memiliki kamera depan 5 MP (f/2.2) serta tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Tiga kamera belakang tersebut ditempatkan dalam sebuah modul. Jika dilihat sepintas, posisi ketiga kamera belakang itu mirip dengan posisi kamera milik iPhone.

Huawei Nova Y61.consumer.huawei.com Huawei Nova Y61.
Di sektor hardware, tanpa menyebutkan nama modelnya, Huawei hanya mengatakan Nova Y61 ditenagai chipset delapan inti alias octa-core. Untuk memori, ponsel ini hadir dengan RAM 4 GB/6 GB serta penyimpanan media 64 GB.

Huawei Nova Y61 ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) 22,5 watt.

Di halaman resmi Huawei, tidak dijelaskan sistem operasi yang dibawa Huawei Nova Y61. Namun, halaman tersebut mengatakan Huawei Nova Y61 menjalankan sistem operasi yang dilapisi antarmuka EMUI 12. Ponsel ini tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Dengan kata lain, pemilik ponsel tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad Pro 11 Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Pengguna biasanya harus mengakses layanan Google tersebut melalui browser untuk bisa menggunakannya, tidak bisa dari aplikasi.

Sebagai ganti Google Mobile Services, ponsel Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Fitur lain yang dibawa Huawei Nova Y61 meliputi koneksi 4G, pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombo power (side-mounted fingerprint), NFC, Bluetooth 5.1, colokan audio jack 3.5mm, USB Type-C, serta dua SIM, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Huawei Global, Selasa (1/11/2022).

Ponsel ini tersedia dalam varian warna Sapphire Blue, Mint Green, dan Midnight Black.

Saat ini, Huawei baru mengungkap spesifikasi lengkah dari Huawei Nova Y61 di situs resmi Huawei global. Belum ada informasi soal harga dan jadwal ketersediaan ponsel ini di pasaran, termasuk pasar Indonesia.

Namun, untuk gambaran, Huawei Nova Y60 dijual seharga Rp 3 juta saat dirilis tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com