Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 05/11/2022, 06:28 WIB

KOMPAS.com - Twitter mulai melakukan PHK massal karyawannya di seluruh negara. Sebelumnya, beredar memo berisi Twitter akan mem-PHK karyawannya hari ini, Jumat (4/11/2022).

Meski sempat dibantah oleh Elon Musk, namun dikutip KompasTekno dari The New York Times, PHK massal sudah mulai diberlakukan Kamis (3/11/2022) malam pukul 21.00 waktu Amerika Serikat (AS).

Pemberitahuan PHK tersebut diinformasikan melalui pengumuman e-mail yang dikirim menggunakan subjek “Your Role at Twitter” (Peran Anda di Twitter).

Karyawan yang tidak di-PHK akan diberitahu melalui e-mail kantor mereka, sedangkan karyawan yang terimbas PHK massal ini akan diberitahukan melalui e-mail pribadi.

Baca juga: Dua Petinggi Twitter Resign Sehari Setelah Elon Musk Memimpin

Pantauan KompasTekno, sejumlah karyawan Twitter yang di-PHK mencuitkan kabar tersebut dengan tagar #LoveWhoYouWorkedWith #LOveWhereYouWorkedWith dan #OneTeam.

Hal ini termasuk Head of Communications Southeast Asia Twitter, Cipluk Carlita. Di akun Twitter-nya ia menuliskan salam perpisahannya.

"Saya senang telah bekerja dengan Tweep hebat di seluruh dunia yang telah membuat saya lebih baik setiap hari," tulis Cipluk.

Tidak dirinci jumlah karyawan yang di-PHK, namun Elon Musk sendiri sebelumnya mengatakan akan mem-PHK 50 persen karyawannya. Bila prediksi ini sesuai, karyawan yang setidaknya terdampak akan berjumlah sekitar 3.750 pekerja dari total 7.500 pekerja.

“Dalam upaya menempatkan Twitter di jalur yang sehat, kami akan menjalankan proses yang sulit untuk mengurangi tenaga kerja global kamu pada Jumat,” tulis Twitter dalam memo internalnya.

Curahan hati karyawan yang terdampak

Beberapa karyawan pun ada yang mencurahkan isi hatinya di akun pribadi Twitter-nya terkait keputusan PHK massal ini. Salah satunya dari Simon Balmain yang menjabat sebagai Former Senior Community Manager Twitter dengan handle @SBkcrn.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Elon Musk untuk Merombak Twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.