Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TV Digital Tidak Ada Sinyal Siaran? Begini 4 Cara Mengatasinya

Kompas.com - Diperbarui 03/12/2022, 08:49 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat yang berada di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) sejak 2 November lalu tak bakal lagi bisa menonton siaran TV analog. Sebagai ganti dari siaran TV analog dimatikan, masyarakat hanya bisa menonton siaran TV digital.

Saat TV analog dimatikan, adapun salah satu cara untuk menonton siaran TV digital adalah dengan menggunakan perangkat TV digital yang mendukung fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation).

Baca juga: 3 Perangkat yang Dibutuhkan untuk Nonton Siaran Digital Tanpa Harus Beli TV Digital

Dengan adanya DVB-T2 yang terpasang secara built-in, perangkat TV dapat dipakai langsung untuk menerima sinyal siaran TV digital. Menonton siaran TV digital di perangkat TV digital bisa dikatakan cukup mudah.

Kendati mudah, bukan berarti tak ada kendala. Salah satu kendala yang mungkin cukup banyak dijumpai adalah TV digital tidak ada sinyal siaran. Bila tak ada sinyal yang diterima maka TV digital tidak akan bisa menayangkan konten siaran digital dari lembaga penyiaran.

Direktur Pengembangan Pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Marvels Situmorang mengatakan penyebab TV digital tidak ada sinyal bisa ditimbulkan dari beberapa faktor.

Misalnya, seperti arah atau posisi antena, kondisi perangkat TV yang digunakan, pemasangan kabel, dan jarak antara tempat tinggal dengan pemancar sinyal siaran digital.

“Banyak faktor penyebab mengapa sinyal tidak dapat diterima dengan baik, kondisi televisi, arah antena termasuk jack atau outlet (sambungan) perkabelannya, juga lokasi atau jarak rumah dengan stasiun pemancar digitalnya,” kata Marvels pada KompasTekno, Kamis (3/11/2022).

Berdasar beberapa faktor penyebab kendala tersebut, lantas bagaimana cara memperbaiki sinyal TV digital yang tidak ada? Secara umum, cara memperbaikinya bisa dengan memeriksa beberapa faktor penyebabnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai empat cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal.

Cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal

1. Pastikan TV telah mendukung fitur DVB-T2

Ilustrasi Smart TV yang bisa buat nonton siaran TV digital.Samsung.com Ilustrasi Smart TV yang bisa buat nonton siaran TV digital.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.