Kompas.com - 15/11/2022, 14:00 WIB


KOMPAS.com - Pendiri sekaligus mantan CEO Amazon, Jeff Bezos untuk pertama kalinya menyatakan bahwa dirinya akan menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk beramal, menyusul filantropi-filantropi dunia lainnya.

Fokus Bezos adalah menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk memberikan dukungan kepada masalah perubahan iklim dan orang-orang yang dapat menyatukan umat manusia dalam menghadapi perpecahan sosial dan politik yang mendalam.

Pernyataan tersebut disampaikan Bezos dalam sebuah wawancara dengan CNN Business di rumahnya di Washington DC.

Baca juga: Jeff Bezos Kembali Suntik Dana ke Startup Indonesia

Saat ditanya oleh pewawancara, apakah Bezos akan menyumbangkan sebagian besar kekayaannya, dengan tanpa ragu Bezos pun menjawab, “Ya, saya mau.”

Namun, Bezos tidak menjelaskan lebih lanjut terkait metode pendistrubusian kekayaannya dan berapa jumlah uang yang akan disumbangkan sebelum ia meninggal.

Sebelumnya, orang terkaya keempat di dunia ini telah berkomitmen memberi donasi 10 miliar dollar AS (Rp 156,6 triliun) dalam 10 tahun, ke Yayasan Earth Found, milik kekasihnya Lauren Sánchez. Jumlah itu setara 8 persen dari kekayaan Bezos.

Dilansir dari Forbes, total kekayaan pendiri Amazon saat ini ditaksir sebesar 121,8 milliar dollar AS (Rp 1.892 triliun).

Baca juga: Elon Musk, Zuckerberg, dan Jeff Bezos Saat Ini Tak Sekaya Sebelumnya

Bezos membagikan beberapa prioritas yang akan ia jalankan melalui sumbangan dana yang diberikan. Mulai dari mengurangi jejak karbon semen dan baja di kelas konstruksi, mengetatkan manajemen dan pengelolaan keuangan untuk mempertimbangkan risiko masalah iklim.

Adapun prioritas lainnya adalah ingin meningkatkan teknologi dan pemetaan yang dapat memantau emisi karbon serta membangun alat penyerap karbon nabati alami dalam skala besar.

Meski miliarder itu sudah tidak lagi menjabat posisi CEO di Amazon, ia tetap memberikan kontribusi untuk membantu mengurangi emisi karbon yang dihasilkan perusahaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.