Kompas.com - 25/11/2022, 16:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya mencatat bagaimana sebuah program dirancang, dikembangkan, dan terus ditingkatkan.

Sebelum adanya catatan mengenai perkembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi, manusia banyak menciptakan alat atau media yang digunakan untuk menghidupkan program tersebut.

Alat atau media tersebut disebut sebagai komputer atau peralatan teknologi lainnya.
Sebelum era modern atau digital seperti saat ini banyak orang menciptakan komputer bahkan membuat dan merancang jenis struktur komputasi yang bisa membantu manusia dalam berbagai bidang pekerjaan.

Seiring berjalannya waktu struktur komputasi ini pun sering dikembangkan oleh berbagai pihak, sehingga dapat menghasilkan komputer modern seperti saat ini.

Bahkan juga bermunculan peralatan teknologi yang lebih canggih daripada komputer seperti laptop, tablet, monitor dan lain sebagainya.

Tapi pernahkah Anda berpikir mengenai struktur komputasi paling tua yang menginisiasi sistem komputasi saat ini? Berikut KompasTekno telah merangkum mengenai elemen komputer yang terbilang cukup tua, yakni Arsitektur Von Neumann.

Baca juga: Perbedaan SSD dan HDD pada Perangkat Komputer

Pengertian elemen komputer Von Neumann

Von Neumann merupakan salah satu jenis dari struktur komputasi jaman dahulu sehingga arsitektur ini dapat dikatakan cukup tua dan berpengaruh dalam sejarah perkembangan komputer.

Jenis struktur arsitektur Von Neumann terdiri dari chip memori yang bisa menyimpan dan memproses data. Setiap chip yang ada di dalamnya bisa melakukan tugas yang berbeda-beda, tergantung bagaimana struktur tersebut diatur sebelumnya.

Struktur komputasi Von Neumann juga sudah memiliki memori, mekanisme output dan input, kontrol pusat, tempat untuk aritmatika pusat, dan penyimpanan eksternal.

Untuk menjalankan komputer dengan struktur komputasi ini, pengguna tidak memerlukan saklar eksternal agar komputer dapat berjalan, karena semua instruksi dan data disimpan dalam Random Access Memory (RAM).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.