Developer Pokemon Go PHK Puluhan Karyawan, 4 Proyek Game Dibatalkan

Kompas.com - 30/06/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Niantic, pengembang game Pokemn Go kabarnya akan memangkas karyawan perusahaan hingga 8 persen. Selain pemutusan hubungan kerja (PHK), Niantic dilaporkan pula akan membatalkan empat proyek yang sudah direncanakan sebelumnya.

"Kami memutuskan untuk menghentikan produksi beberapa proyek dan mengurangi tenaga kerja kami sekitar 8 persen agar fokus pada prioritas kami," kata Wakil Presiden Komunikasi Niantic, Jonny Thaw dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (30/6/2022).

"Dengan langkah ini, kami dapat fokus pada prioritas utama kami, termasuk Pokemon Go dan sejumlah pengalaman baru serta platform Lightship," imbuhnya.

Baca juga: Tesla PHK Hampir 200 Karyawan

Menurut Bloomberg, keputusan PHK akan berdampak pada sekitar 85 sampai 90 karyawan. Adapun empat proyek yang batal adalah proyek "Transformers: Heavy Metal", game yang sudah memasuki tahap pengujian beta.

Kedua, proyek "Hamlet", yaitu kolaborasi Niantic dengan perusahaan teater Punchdrunk.

Selain itu, dua proyek game lainnya yang dibatalkan adalah proyek dengan kode nama "Blue Sky" dan "Snowball".

Masih bikin game

Pokemon Go merupakan game besutan Niantic yang menuai kesuksesan. Dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, game ini menghasilkan pendapatan lebih dari 1 miliar dollar AS per tahun atau setara Rp 14,8 triliun (kurs hari ini).

Performanya bahkan mengalahkan game Niantic lain seperti "Harry Potter: Wizards Unite" atau "Pikmin Bloom". Menurut Sensor Tower, Pikmin Bloom yang dirilis pada Oktober tahun lalu telah diunduh 5,6 juta kali dan menghasilkan pendapatan (in-game) sekitar 6,8 juta dollar AS (sekitar Rp 101,2 miliar).

Pokemon Go dirilis tahun 2016 dan semapt menjadi salah satu game yang "booming" saat itu. Game tersebut mampu menghasilkan 500 juta dollar AS, hanya dalam dua bulan pertama setelah debut.

Baca juga: Sebulan, Pokemon Go Raup Rp 2,6 Triliun

Berkat performanya itu, Pokemon Go menjadi game mobile dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Sayangnya tidak semua game Niantic bernasib sama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.