Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Developer Pokemon Go PHK Puluhan Karyawan, 4 Proyek Game Dibatalkan

Kompas.com - 30/06/2022, 17:45 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Niantic, pengembang game Pokemn Go kabarnya akan memangkas karyawan perusahaan hingga 8 persen. Selain pemutusan hubungan kerja (PHK), Niantic dilaporkan pula akan membatalkan empat proyek yang sudah direncanakan sebelumnya.

"Kami memutuskan untuk menghentikan produksi beberapa proyek dan mengurangi tenaga kerja kami sekitar 8 persen agar fokus pada prioritas kami," kata Wakil Presiden Komunikasi Niantic, Jonny Thaw dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (30/6/2022).

"Dengan langkah ini, kami dapat fokus pada prioritas utama kami, termasuk Pokemon Go dan sejumlah pengalaman baru serta platform Lightship," imbuhnya.

Baca juga: Tesla PHK Hampir 200 Karyawan

Menurut Bloomberg, keputusan PHK akan berdampak pada sekitar 85 sampai 90 karyawan. Adapun empat proyek yang batal adalah proyek "Transformers: Heavy Metal", game yang sudah memasuki tahap pengujian beta.

Kedua, proyek "Hamlet", yaitu kolaborasi Niantic dengan perusahaan teater Punchdrunk.

Selain itu, dua proyek game lainnya yang dibatalkan adalah proyek dengan kode nama "Blue Sky" dan "Snowball".

Masih bikin game

Pokemon Go merupakan game besutan Niantic yang menuai kesuksesan. Dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, game ini menghasilkan pendapatan lebih dari 1 miliar dollar AS per tahun atau setara Rp 14,8 triliun (kurs hari ini).

Performanya bahkan mengalahkan game Niantic lain seperti "Harry Potter: Wizards Unite" atau "Pikmin Bloom". Menurut Sensor Tower, Pikmin Bloom yang dirilis pada Oktober tahun lalu telah diunduh 5,6 juta kali dan menghasilkan pendapatan (in-game) sekitar 6,8 juta dollar AS (sekitar Rp 101,2 miliar).

Pokemon Go dirilis tahun 2016 dan semapt menjadi salah satu game yang "booming" saat itu. Game tersebut mampu menghasilkan 500 juta dollar AS, hanya dalam dua bulan pertama setelah debut.

Baca juga: Sebulan, Pokemon Go Raup Rp 2,6 Triliun

Berkat performanya itu, Pokemon Go menjadi game mobile dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Sayangnya tidak semua game Niantic bernasib sama.

Adapun keputusan untuk menghentikan beberapa proyek game yang diputuskan Niantic saat ini, tak lantas membuat perusahaan berhenti mengembangkan game.

Sebab, belum lama ini Niantic juga meluncurkan game baru seperti NBA All-World dan Peridot yang tetap dipertahankan atau akan dilanjut proyeknya.

Baca juga: Game NBA 2K20 Dirilis untuk PS4, Xbox One, Switch, dan PC

Selain itu game berbasis Augmented Reality (AR), Niantic juga sedang membangun Lightship AR Developer Kit, yaitu tool gratis bagi developer untuk mengembangkan game AR.

Saat itu, alat tersebut tersedia secara gratis bagi pengembang yang paham dengan game engine Unity. Namun mulai Januari 2023, pengguna harus membayar akses ke alat tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com