Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Erupsi Gunung Semeru Muncul di Google Search

Kompas.com - 05/12/2022, 13:22 WIB

KOMPAS.com - Peringatan erupsi Gunung Semeru muncul di laman pencarian Google Search. Ketika mengetik kata kunci/keyword terkait erupsi Gunung Semeru, seperti "erupsi Semeru" atau "Semeru eruption" di kolom pencarian Google Search, akan muncul tanda "Volcano alert" atau "Peringatan gunung berapi" di pojok kiri atas.

Tanda itu muncul dengan label warna merah dan terpampang di hasil pencarian teratas. Di samping tanda peringatan erupsi Gunung Semeru, ada tiga tab yang terdiri dari "Overview", "Local info", dan "News".

Apabila mengeklik tab "Overview" akan muncul informasi umum seputar fenomena alam erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu kemarin (4/12/2022). Informasi umum itu mencakup berita terkini terkait letusan vulkanik di Gunung Semeru dari berbagai media baik lokal maupun internasional.

Tangkapan layar tanda Volcano alert yang muncul di laman pencarian Google Search setelah memasukkan keyword erupsi Gunung Semeru.Google Search Tangkapan layar tanda Volcano alert yang muncul di laman pencarian Google Search setelah memasukkan keyword erupsi Gunung Semeru.

Tidak hanya berita dengan format tekstual berwujud artikel, tapi juga berita terkini dalam format video. Saat menggulir (scroll) ke bawah terdapat peta area terdampak erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini Link buat Pantau Kondisi dan Status Terkininya

Apabila mengeklik peta tersebut, pengguna akan diarahkan ke Google Maps untuk melihat seberapa luas area yang terdampak petusan vulkanik. Area terdampak akan ditandai dengan warna merah, seperti gambar di bawah ini.

Tab Overview menampilkan peta area terdampak erupsi Gunung Semeru.Google Search Tab Overview menampilkan peta area terdampak erupsi Gunung Semeru.

Di tab "Local Info", terdapat beberapa situs yang bisa digunakan untuk memantau kondisi terkini erupsi Gunung Semeru, seperti situs magma.esdm.go.id yang dibuat oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Ada pula akun Twitter resmi Badan Nasional Penanggulagan Bencana (BNPB) yang memberikan perkembangan informasi terkait erupsi Gunung Semeru.

Sedang tab "News", akan menampilkan berita terbaru soal erupsi Gunung Semeru dari berbagai media, baik lokal maupun internasional.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan KompasTekno, Senin (5/12/2022), peringatan erupsi Gunung Semeru tidak muncul dengan kata kunci "Semeru" atau "Gunung Semeru" saja.

Google cukup sering memberikan tanda darurat atau peringatan saat ada tragedi atau bencana alam. Ketika topik terkait tragedi atau bencana alam itu ditelusuri lewat Google Search, biasanya akan muncul label "SOS Alert", seperti tragedi Halloween Itaewon beberapa waktu lalu atau "Volcano Alert" seperti erupsi Gunung Semeru saat ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.