Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Butuh 9 Juta Talenta Digital hingga 2030

Kompas.com - 05/12/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital yang paling pesat di Kawasan Asia Tenggara. Bahkan ekonomi digital kita diprediksi bernilai 133 miliar dollar AS pada 2025 nanti.

Menurut penelitian Bank Dunia dan McKinsey, selama kurun waktu 2015-2030, di Indonesia dibutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital, atau sekitar 600.000 orang setiap tahun.

Untuk itu, pertumbuhan ekonomi digital yang pesat ini harus diimbangi dengan ketersediaan talenta digital yang kompeten.

Untuk itu, Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT, program bagi pemuda Indonesia untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan kapabilitas digital mereka agar dapat menjadi talenta digital berkualitas dan berdaya saing global.

Baca juga: Indonesia Kekurangan Talenta Digital, Kominfo Siapkan Beasiswa

"IndonesiaNEXT menjadi wujud komitmen Telkomsel meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan kapabilitas mahasiswa Indonesia menjadi talenta digital yang berkualitas dan berdaya saing global," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (5/11/2022).

Selama tujuh tahun terakhir, IndonesiaNEXT secara konsisten berfokus pada pengembangan digital skills dengan menunjang perolehan sertifikasi keahlian bagi mahasiswa.

Sertifikasi itu antara lain User Interface & User Experience (UI/UX), Google Search Engine Optimization (SEO), Adobe Illustrator & Photoshop, Microsoft PowerPoint & Excel, maupun sertifikasi nasional digital marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Bergulirnya penyelenggaraan tahun ketujuh IndonesiaNEXT dengan tema ’We are the NEXT’ ditandai dengan pelaksanaan Kick-Off IndonesiaNEXT Season 7 di Jakarta, Jumat (2/12) lalu.

Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT Season 7, peserta dari seluruh wilayah Indonesia akan mengikuti setiap proses secara online dengan pola merdeka belajar mandiri dan kreatif dengan metode blended learning (synchronous dan asynchronous).

Beberapa tahapan program terdiri dari National Webinar, Hard Skill, Area Bootcamp, National Bootcamp, dan Crowning Session.

Baca juga: Bukan Hard Skill, Soft Skill Ini Penting agar Talenta Dilirik Google dkk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.