Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Reels dan Stories Fitur yang Digemari Gen Z di Indonesia

Kompas.com - 08/12/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Instagram mengumumkan laporan pertama terkait tren generasi Z di platformnya sepanjang tahun 2022. Salah satu poin yang menjadi sorotan yaitu bahwa mayoritas generasi Z yang terlibat dalam survei, menyukai konten Reels.

Survei pada laporan ini sendiri dilakukan oleh perusahaan riset - Populix dengan melibatkan 2.000 gen Z di seluruh Indonesia. Gen Z dipilih sebagai responden dalam survei ini karena kalangan ini mewakili 41 persen populasi dunia, sehingga dinilai penting bagi industri digital.

“3,2 miliar atau 41 persen dari populasi dunia adalah Gen Z, menjadikan mereka generasi yang sangat penting bagi industri digital," kata Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara.

"Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer," lanjut Revie.

Baca juga: Cara Facebook dan Instagram Lindungi Remaja dari Kejahatan Dunia Maya

Berdasarkan hasil survei itu, 73 persen gen Z menyukai konten video pendek atau Reels di Instagram. Artinya, sekitar 1.400 responden menyatakan minatnya pada video Reels.

Selain Reels, mereka juga menyatakan suka dengan konten di Instagram Stories. Pasalnya, Instagram Stories menjadi fitur yang bisa digunakan untuk menjalin hubungan atau komunikasi dengan teman atau keluarga dekat.

"Kedua fitur ini menjadi platform bagi Gen Z di Indonesia untuk menonton konten yang menghibur, sembari terus terhubung dengan orang lain melalui percakapan di DM dan kolom komentar," demikian keterangan Instagram dalam pernyataan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (7/12/2022).

ilustrasi Instagram ReelsLater.com ilustrasi Instagram Reels

Fitur lainnya yang digemari gen Z di Instagram yaitu "Sticker Add Yours". Dengan stiker ini, pengguna bisa memulai sebuah tantangan, baik dalam bentuk gambar atau video, melalui konten Instagram Stories maupun Reels.

Nantinya, pengikut (follower) atau pengguna Instagram lain yang melihat postingan Instagram Stories dengan stiker itu bisa menambah gambar atau video yang sesuai dengan tantangan yang dibuat.

Baca juga: Cara Download Stiker WA Secara Gratis dan Mudah

Berdasarkan riset Instagram, “Dump Bulanan”, “Apapun Ketika Kamu Mahasiswa” dan “Foto Selfie atau Screenshot di Galeri Foto” adalah tiga Sticker Add Yours yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram, sepanjang tahun 2022.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.