Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Raja Smartphone Dunia Kuartal-IV, tapi Samsung Dominan Sepanjang 2022

Kompas.com - 18/01/2023, 11:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Firma riset pasar Canalys kembali merilis hasil penelitiannya terkait pasar smartphone dunia. Pada kuartal-IV (Q4) 2022, Apple memimpin dengan market share 25 persen.

Angka tersebut meningkat dari kuartal-III (Q3) 2022. Saat itu, Apple memiliki pangsa pasar sebesar 18 persen.

Jumlah pangsa pasar Apple pada kuartal-IV 2022 ini menggeser posisi Samsung yang pada kuartal-III 2022 lalu menjadi vendor dengan market share terbesar. Berdasarkan riset Canalys Samsung kini memiliki pangsa pasar 20 persen.

Bagi Apple, pangsa pasar sebesar 25 persen ini merupakan angka market share tertinggi Apple versi Canalys. 

Meski pada kuartal-IV ini Apple menjadi raja, namun bila diakumulasikan, Samsung menjadi vendor terbesar sepanjang tahun 2022.

Samsung memimpin dengan angka 22 persen, diikuti Apple dengan angka 19 persen sepanjang 2022 secara keseluruhan. Kemudian, Xiaomi 13 persen, dan Oppo serta Vivo dengan pangsa 9 persen.

Sayangnya Canalys tak merinci jumlah unit yang dikirimkan masing-masing vendor.

Baca juga: Kabar Baik Buat Apple Fanboy, iPhone 14 Pro Tidak Langka Lagi

Untuk pertumbuhannya, pangsa pasar Apple meningkat 2 persen apabila dibandingkan dengan kuartal-III 2021, sementara pangsa pasar Samsung meningkat 1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Canalys tak menyebutkan mengapa pangsa pasar Apple meningkat. Apple sendiri sekitar akhir 2022 justru mengalami kendala produksi.

Pabrik iPhone yang digadang-gadang terbesar di wilayah Zhengchou, China, yang biasa dijuluki "iPhone City", beberapa waktu lalu dilanda aneka masalah. Termasuk soal protes buruh pabrik Apple.

Selain itu, pandemi juga membuat adanya kendala produksi. Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab iPhone 14 Pro menjadi langka di pasar. Waktu tunggu antara pemesanan hingga pengiriman, bahkan mencapai tiga minggu karena kelangkaan tersebut.

Baca juga: Apple Akui Ada Bug Bikin Layar iPhone 14 Pro Bergaris, Update Segera Dirilis

Namun, momen liburan akhir tahun yang biasa digunakan untuk membeli ponsel baru, kemungkinan berkontribusi besar pada peningkatan pangsa pasar Apple di seluruh dunia.

Di bawah Apple dan Samsung, ada Xiaomi, Oppo, Vivo yang melengkapi daftar lima besar vendor smartphone teratas dunia. Ketiga merek ponsel asal China tersebut masing-masing kini memiliki pangsa pasar 11 persen, 10 persen, dan 8 persen. 

Selengkapnya, simak lima besar merek smartphone dunia pada kuartal-IV atau akhir tahun 2022, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Canalys.com, Rabu (18/1/2023). 

No. Vendor Pangsa Pasar Kuartal-IV 2021 Pangsa Pasar Kuartal-IV 2022
1. Apple 23 persen 25 persen
2. Samsung 19 persen 20 persen
3. Xiaomi 13 persen 11 persen
4. Oppo 9 persen 10 persen
5. Vivo 8 persen 8 persen
6.  Others 28 persen 26 persen
  Total 100 persen 100 persen
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Canalys


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.