Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Bakal Siarkan Saluran TV secara Gratis?

Kompas.com - 18/01/2023, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Platform video streaming, YouTube dilaporkan tengah menguji coba layanan baru yang memungkinkan pengguna menonton siaran televisi (TV) secara gratis, dengan dukungan iklan.

Salah satu juru bicara perusahaan yang tidak disebutkan identitasnya telah memastikan bahwa uji coba ini bakal diperluas wilayahnya tahun ini.

Beberapa perusahaan yang diajak bekerja sama adalah perusahaan media Lionsgate dan A&E, perusahaan yang memiliki saluran TV berbayar History, Lifetime, dan FYI.

YouTube juga dilaporkan sudah mulai menampilkan siaran dari beberapa media luar secara gratis, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wall Street Journal, Rabu (18/1/2023).

Baca juga: Link dan Cara Daftar YouTube Premium 3 Bulan Harga Cuma Rp 5.000

Uji coba ini dilakukan untuk mengukur respons dan tanggapan pengguna, apakah bakal antusias atau tidak dengan layanan baru tersebut.

Nah, apabila respons yang diberikan pengguna sesuai dengan target dan ekspektasi perusahaan, YouTube berencana untuk meminta potongan sebesar 45 persen dari pendapatan iklannya. Kesepakatan itu yang juga diberlakukan YouTube terhadap seluruh konten kreatornya.

Layanan yang ditawarkan YouTube ini diumumkan usai beberapa perusahaan layanan streaming menawarkan paket berlangganan versi murah yang disusupi iklan. Sebut saja, Disney Plus, Netflix, HBO Max, dan Peacock.

Pada 2022 lalu, Disney Plus dan Netflix memperkenalkan paket langganan baru dengan harga yang lebih murah, tetapi disisipi iklan.

Harga paket berlangganan Disney Plus yang disertai iklan dipatok 7,99 dollar AS (sekitar Rp 118.000) per bulan, sedangkan yang tanpa iklan sekitar 10,99 dollar AS (sekitar Rp 160.000) per bulan.

Untuk Netflix, siaran tanpa iklan sekitar 6,99 dollar AS (sekitar Rp 107.000) per bulan, sementara paket tanpa iklan (paket Basic) termurah mulai dari 8 dollar AS atau sekitar Rp 120.000-an.

Baca juga: 33 Set Top Box Harga Rp 200.000-an buat Nonton Siaran TV Digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.