Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Isocell HP2, Sensor Kamera 200 MP Baru untuk Galaxy S23 Ultra?

Kompas.com - 18/01/2023, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah didahului dengan beragam rumor, Samsung akhirnya meresmikan Isocell HP2, sensor kamera 200 megapiksel (MP) terbarunya. Isocell HP2 menjadi sensor kamera 200 MP ketiga bikinan Samsung setelah sensor Isocell HP1 (2021) dan Isocell HP3 (2022).

Pengumuman kehadiran sensor Isocell HP2 ini diumumkan langsung lewat sebuah postingan di situs resmi Samsung Newsroom. Dikutip KompasTekno, Rabu (18/1/2023), Samsung mengungkapkan beberapa keunggulan sensor Isocell HP2 terbarunya itu.

Sensor kamera yang mendukung resolusi hingga 200 MP ini merupakan sensor 1/1,3 inci dengan ukuran piksel sebesar 0,6 mikrometer (μm).

Baca juga: Prediksi Harga Samsung Galaxy S23 Series yang Sebentar Lagi Rilis

Ukuran piksel Isocell HP2 ini masih belum melampaui ukuran piksel sensor Isocell HP3 yang sebesar 0,56 mikrometer. Namun, ukuran piksel Isocell HP2 tersebut sudah lebih kecil dibanding Isocell HP1 yang sebesar 0,64 mikrometer.

Berkat ukuran pikselnya yang lebih kecil, Isocell HP3 memungkinkan ponsel memiliki kamera mumpuni dengan resolusi tinggi, namun tanpa tonjolan kamera yang terlalu besar.

Sensor gambar Isocell HP2 ini dibekali beragam teknologi yang memungkinkan pengguna menghasilkan gambar beresolusi besar yang kaya detail.

Pertama, Isocell HP2 membawa teknologi penggabungan piksel "Tetra2pixel" yang mampu menggabungkan 16 piksel menjadi satu.

Dengan Tetra2pixel, sensor itu akan memungkinkan kamera menawarkan satu sensor piksel berukuran besar, sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya lagi ketimbang pixel binning empat piksel menjadi satu.

Teknologi Tetra2pixel ini disebut berguna ketika memotret di berbagai kondisi cahaya, utamanya kondisi cahaya redup.

Baca juga: Pentingkah Angka Megapiksel di Kamera HP?

Saat kondisi minim cahaya, kamera ponsel masih akan tetap bisa resolusi gambar mentok di 50 MP dengan ukuran tiap piksel 1,2 mikron atau 12,5 MP dengan ukuran tiap piksel 2,4 mikron.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.