Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Discord Akuisisi Gas, Aplikasi Polling yang Ngetren di Kalangan Remaja

Kompas.com - 18/01/2023, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Discord resmi mengakuisisi Gas, sebuah aplikasi sosial yang kerap kali digunakan anak remaja untuk menjawab polling hingga memberi pesan anonim berisi pujian kepada teman. Informasi tersebut diumumkan melalui blog resmi Discord.com.

“Hari ini, kami dengan gembira ingin membagikan kabar bahwa Discord telah mengakuisisi Gas, sebuah aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna berbagi pujian antara satu dan lainnya,” tulis Discord.

Kendati begitu, Discord sendiri masih belum merampungkan aturan dan persyaratan dalam mengakuisisi Gas. Hanya saja, dapat dipastikan bahwa layanan yang dimiliki Gas bakal ditujukan untuk memperluas komunitas/pengguna di luar gaming.

Baca juga: Cara Memberikan Role di Discord

“Pendiri Gas telah membuktikan melalui perjalanan dalam membuat aplikasi dan pengalaman yang menarik. Kami senang untuk segera bekerja sama dengan tim mereka dan membawa peningkatan di masa mendatang” tambah Discord.

Sejauh ini, platform voice chat yang biasa dipakai para gamer tersebut telah berhasil mengumpulkan 100 juta dollar AS setara dengan Rp 1,51 miliar (kurs hari ini Rp 15.158) pada 2022. Uang tersebut dilaporkan bakal dialokasikan untuk mengembangkan platform di luar komunitas game.

Di waktu yang bersamaan, perusahaan juga sudah mulai menargetkan sejumlah kreator dan komunitas di luar gaming. Hal tersebut yang juga mungkin melatarbelakangi perusahaan mengakuisisi aplikasi Gas.

Sehingga, selama beberapa waktu belakangan, Discord juga berfokus untuk mengembangkan aplikasi dan bot dalam platform, mengintegrasikan konten di YouTube, paket berlangganan Nitro Basic seharga 2,99 dollar AS (Rp 45.323), hingga kemampuan pengguna untuk memonetisasi server (grup) mereka sendiri.

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, aplikasi Gas tengah menjadi aplikasi paling populer per Oktober 2022 lalu. Popularitas itu bahkan mengalahkan TikTok dan aplikasi sosial media lainnya di Apple App Store.

Baca juga: Begini Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

Mengingat platform Discord juga cukup populer di kalangan remaja, beberapa pihak menduga keputusan akuisisi ini dapat meningkatkan perkembangan platform dan menarik komunitas-komunitas baru.

Apa itu aplikasi Gas?

Tampilan aplikasi GasThe Verge Tampilan aplikasi Gas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.