Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Akui Kebanyakan Suguhkan Konten Video, Ini Janji CEO

Kompas.com - 26/01/2023, 07:25 WIB

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, CEO Instagram Adam Moserri mengunggah Stories di akun pribadinya, @mosseri. IG Stories tersebut berisikan jawaban singkat atas pertanyaan yang dikirimkan para pengguna IG.

Dalam sesi tanya jawab tersebut, Mosseri mengakui bahwa kini Instagram lebih banyak menyuguhkan konten video ketimbang foto kepada para pengguna.

Hal ini mungkin juga kerap dirasakan oleh sebagian pengguna. Yang mana, Instagram sempat berusaha menjadi “sama” seperti TikTok dan gencar menyuguhkan konten video di Reels. Menanggapi keluhan tersebut, Mosseri pun buka suara.

“Saya pikir, kami terlalu berfokus pada konten video pada 2022 dan membuat pemeringkatannya terlalu tinggi, sehingga (algoritma) menampilkan lebih banyak konten video ketimbang foto,” ujar Mosseri.

Baca juga: 2022, Instagram Akan Lebih Fokus ke Format Video

Bos Instagram itu juga menambahkan bahwa perusahaan tengah bekerja dan berusaha untuk lebih adil, dengan memberikan keseimbangan dalam menyuguhkan konten berbasis foto dan video di masa mendatang.

Ia juga mengatakan, Instagram bakal memperhatikan seberapa sering seseorang menyukai ataupun mengomentari foto dan video guna menentukan konten mana yang akan muncul pertama kali di feeds pengguna.

“Hal terkait seberapa sering pengguna menyukai konten foto daripada video dan seberapa sering seseorang berkomentar di konten foto dan video hampir sama. (Artinya) keseimbangan ini akan menjadi pertanda baik,” pungkas Mosseri.

ilustrasi Instagram ReelsLater.com ilustrasi Instagram Reels

Kendati demikian, pernyataan di atas agak berbeda dari induk Instagram, Meta. Sebab, pihak eksekutif mengumbar bahwa Instagram bakal terus menyuguhkan konten video untuk mendorong lebih banyak keterlibatan pengguna. Hanya saja, Instagram memilih untuk tidak akan menghilangkan konten foto di aplikasinya.

Baca juga: Cara Sembunyikan Postingan Teman di Instagram

“Foto akan selalu menjadi bagian terpenting bagi kami. Juga, akan selalu ada orang yang selalu menyukai dan tertarik untuk mencari foto di Instagram ataupun tempat lain. Saya ingin memastikan dan membuat kita semua sepakat mengenai hal tersebut,” tambah Mosseri, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (26/1/2023).

Jawab kekhawatiran fotografer

Selama menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Mosseri juga menjawab beberapa hal yang menjadi kekhawatiran konten kreator, khususnya fotografer, belakangan ini. Kreator tersebut sempat pupus, alias hilang harapan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.