Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 Series Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Khusus, Bedanya dari Versi Biasa?

Kompas.com - 03/02/2023, 07:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Samsung resmi mengumumkan trio ponsel flagship terbarunya. Ketiga ponsel tersebut terdiri dari Samsung Galaxy S23, Samsung Galaxy S23 Plus, dan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Ketiga ponsel flagship tersebut kompak ditenagai dengan chipset kelas atas tertangguh buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2. 

Namun chipset yang digunakan bukan versi biasa, melainkan System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 2 yang dirancang khusus untuk Samsung Galaxy S23 series. Penamaan chipset tersebut juga berbeda yaitu "Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy". 

Sederhananya, chipset dengan embel-embel "for Galaxy" ini diklaim memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dibanding versi biasa yang ada di berbagai ponsel flagship masa kini. 

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Gen 2, Chip Flagship untuk HP Android Teratas

Dari aspek prosesor (CPU), misalnya, kecepatan clock maksimal yang bisa dihasilkan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy ini bisa mencapai 3,36 GHz. Berbeda dengan Snapdragon 8 Gen 2 versi biasa, kecepatan clock-nya mentok di 3,2 GHz. 

Lalu pada sektor pengolah grafis (GPU), SoC dengan GPU Adreno 740 ini juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dengan 719 MHz. Di Snapdragon 8 Gen 2 versi reguler, GPU Adreno 740 memiliki kecepatan 680 MHz. 

Biasanya, peningkatan kemampuan CPU dan GPU akan membuat ponsel cepat panas (overheat).

Untuk menghindari hal ini, Samsung turut meningkatkan kemampuan unit pemrosesan kecerdasan buatan (NPU), di mana NPU di Galaxy S23 Series diklaim 40 persen lebih andal untuk menyeimbangkan kebutuhan daya dan tenaga. 

Dengan begitu, suhu Galaxy S23 Series diklaim akan tetap aman meski performa CPU dan GPU-nya ditingkatkan. 

Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 resmi di acara peluncuran di Hawaii, Rabu (16/11/2022).KOMPAS.com/Yudha Pratomo. Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 resmi di acara peluncuran di Hawaii, Rabu (16/11/2022).
Di samping peningkatan CPU, GPU, dan NPU, kemampuan atau fitur chipset Snadpdragon 8 Gen 2 for Galaxy lainnya bisa dibilang sama persis dengan Snapdragon 8 Gen 2 versi reguler.

Baca juga: Ini Peningkatan di Snapdragon 8 Gen 2 Dibanding Gen 1 

Beberapa di antaranya seperti fitur Snapdragon Cognitive ISP yang memungkinkan kamera ponsel memproses dan mengoptimasi gambar sesuai dengan jenis obyek, hingga dukungan ray tracing untuk menampilkan efek visual ciamik dalam bermain game. 

SoC Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy ini akan mentenagai Samsung Galaxy S23 Series di dunia.

Pasalnya tahun ini, Samsung hanya akan memasarkan Galaxy S23 Series dengan chipset edisi khusus tersebut, tidak ada versi chipset Exynos seperti sebelum-sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (3/2/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com