Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Book3 Ultra Meluncur, Laptop Terkuat Samsung

Kompas.com - 02/02/2023, 06:45 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Selain keluarga ponsel Galaxy S23 Series, Samsung turut meluncurkan sejumlah laptop baru dalam acara "Unpacked" yang digelar Rabu (2/2/2023) dini hari tadi. 

Salah satu yang paling menarik adalah Galaxy Book3 Ultra, model yang bisa dibilang paling mumpuni dan paling "gahar" dari keluarga laptop teranyar Samsung Galaxy Book3 Series.

Bagaimana tidak, laptop ini dibekali dengan desain dan spesifikasi jempolan. 

Pada aspek tampilan, misalnya, Galaxy Book 3 Ultra dibekai layar AMOLED berbezel tipis dengan ukuran 16 inci dan resolusi 2.880 x 1.800 piksel.

Layar ini memiliki refresh rate 48 - 120 Hz dan tingkat kecerahan (brightness) maksimal hingga 400 nits (500 nits khusus untuk konten HDR).

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S23 Ultra, HP Samsung Pertama Berkamera 200 MP

Masih soal desain, laptop yang hanya memiliki satu varian warna, yaitu abu-abu gelap (Graphite), ini terbilang cukup ringan di kelasnya dengan bobot 1,79 kg, serta cukup tipis dengan dimensi ketebalan 16,5 mm. 

Beralih ke sektor hardware, varian tertinggi Galaxy Book3 Ultra bisa dikonfigurasikan dengan prosesor (CPU) Intel Core i9-13900H, serta pengolah grafis (GPU) discrete Nvidia GeForce RTX 4070.

Komponen CPU dan GPU tersebut dipadukan dengan RAM berjenis LPDDR5 dengan kapasitas hingga 32 GB, serta media penyimpanan (storage) berjenis SSD PCIe 4.0 dengan besar mencapai 1 TB.

Ilustrasi Galaxy Book 3 Ultra.Samsung Ilustrasi Galaxy Book 3 Ultra.
Di sektor daya, Samsung Galaxy Book 3 Ultra ditopang dengan baterai berkapasitas 76Wh.

Samsung tidak mengumbar berapa lama daya tahan baterai laptop ini. Adapun charger yang disertakan dalam kotak penjualan laptop ini berdaya 100 watt.

Untuk kelengkapan konektor (port), Galaxy Book 3 Ultra hadir dengan audio jack 3,5 mm, slot microSD, satu buah konektor USB-A, dua buah konektor USB-C Thunderbolt 4, dan satu buah konektor HDMI 2.0. 

Baca juga: Samsung Galaxy S23 dan S23 Plus Resmi, Bawa Desain Kamera Boba dan Baterai Lebih Besar

Fitur pendukung lainnya di laptop ini mencakup speaker AKG berteknologi Dolby Atmos, mikrofon yang diklaim memiliki kualitas perekaman suara mumpuni, hingga webcam dengan resolusi 1080p, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (2/2/2023).

Ada pula fitur Galaxy Connected Experience untuk menghubungkan perangkat bermerek Samsung lain ke laptop, Multri Control untuk mengendalikan perangkat Samsung lain, serta Second Screen untuk menampilkan layar laptop di berbagai tablet bermerek Samsung. 

Di pasar global, Galaxy Book 3 Ultra dibanderol dengan harga termurah 2.799 euro (sekitar Rp 45,9 juta) untuk varian Intel Core i7/RAM 16 GB/SSD 512 GB, dan 3.699 euro (sekitar Rp 60 juta) untuk varian Intel Core i7/RAM 32 GB/SSD 1 TB.

Belum diketahui apakah laptop ini akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com