Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2023, 10:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Portable Document Format (PDF) merupakan jenis file yang kerap dipilih pengguna untuk menyimpan dokumennya. Pasalnya format PDF memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya file mudah dibagikan dan dokumen akan tersimpan utuh.

File PDF juga mudah diakses di banyak perangkat, termasuk PC dan ponsel. Namun adakalanya pengguna mengalami beberapa masalah. Salah satunya file PDF tidak bisa dibuka di HP Android.

Kendala umum biasanya yang dialami pengguna ini biasanya dikarenakan dokumen corrupt atau bahkan aplikasi di HP Android yang tidak mendukung format file PDF.

Maka dari itu untuk membuka file PDF secara lancar di HP, pengguna diharapkan untuk menggunakan aplikasi pembaca PDF yang bisa diunduh di Google Play Store berikut ini.

Baca juga: Cara Memperbesar Ukuran File PDF

Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat ReaderGoogle Play Store Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader merupakan aplikasi yang cukup sering digunakan pengguna. Melalui aplikasi ini pengguna dapat melakukan beragam perubahan di file PDF. Mulai dari menandatangani PDF, mengedit dan memberi keterangan pada PDF, menambahkan gambar, hingga berbagi melalui link.

Adobe Acrobat Reader gratis namun pengguna dapat memilih versi berbayarnya mulai dari 2,99 hingga 14,99 dollar AS untuk mengakses fitur lain yang lebih luas. Adobe Acrobat Reader memiliki rating 4,7 dan bisa diunduh di tautan berikut ini.

CamScanner

camscanner Android Authority camscanner

Tak hanya mampu membuka dan mengolah file PDF, aplikasi CamScanner juga memiliki beragam fitur lain, seperti memindai dokumen, menambahkan gambar, mengimpor file, menambahkan watermark, dan lainnya.

Dapat dikatakan aplikasi ini cukup lengkap dan bisa jadi pilihan Anda sebagai pembaca PDF. CamScanner memiliki rating 4,8 dan bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. CamScanner bisa digunakan secara gratis maupun dengan fitur berbayar mulai dari 4,99 dollar AS.

Baca juga: Cara Mengubah File Google Docs ke PDF tanpa Aplikasi Tambahan

DocuSign

Docusign Android Authority Docusign

Aplikasi pembaca PDF lainnya ada DocuSign. DocuSign cocok untuk penggunaan untuk bisnis. Fungsi utama aplikasi ini adalah membuka, mengisi, menandatangani, dan mengirimkan file PDF.

Fitur DocuSign gratis namun apabila pengguna ingin menambah fitur tambahan dapat berlangganan mulai dari 10 dollar AS. Aplikasi pembaca PDF DocuSign memiliki rating 4,7 dan bisa diunduh secara gratis di tautan berikut ini.

Fast Scanner

fast scanner Play Store fast scanner

Mirip dengan CamScanner namun memiliki versi lebih ringan dan sederhana. Fast Scanner memiliki fitur mengedit PDF, melakukan scan B&W atau berwarna, mengirimkan e-mail, mencetak, hingga mengunggahnya ke berbagai layanan cloud. Fast Scanner memiliki rating 4,8 dan bisa diunduh secara gratis Play Store.

Baca juga: 4 Cara Mengubah PDF ke Word tanpa Aplikasi Tambahan

Foxit PDF Reader

foxit readerAndroid Authority foxit reader
Satu lagi aplikasi pembaca PDF yang bisa Anda gunakan. Foxit PDF Reader bisa jadi pilihan Anda membuka file PDF di HP Android. Layaknya aplikasi lain, Foxit memiliki beberapa fitur untuk mengedit dokumen, menandatangani, dan lain sebagainya.

 

Aplikasi ini gratis namun tersedia juga versi berbayarnya mulai dari 0,99 dollar AS. Foxit PDF memiliki rating 4,6 dan bisa diunduh di Play Store.

Selain itu apabila Anda ingin mengubah file PDF ke Microsoft Word dapat menelusuri tutorialnya pada artikel berikut ini. Semoga membantu. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com