Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis di YouTube Lofi Girl "Menghilang", Warganet Sibuk Pecahkan Sandi Morse untuk Mencarinya

Kompas.com - Diperbarui 12/04/2023, 09:24 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTubeLofi Girl” dikenal karena menyiarkan lagu bergenre low fidelity (Lo-fi) setiap hari selama 24 jam secara non-stop. Kanal YouTube tersebut memiliki setidaknya 12,1 juta subscriber (pengikut).

Kendati demikian, beberapa waktu lalu live streaming Lofi Girl sempat ramai diperbincangkan di YouTube. Karakter perempuan yang identik dengan kanal tersebut mendadak "hilang".

Sosok gadis tersebut terpantau "hilang" sekitar tanggal 5 April 2023. Sehingga, yang terlihat hanyalah meja belajar, buku yang berisi tulisan sang gadis, laptop miliknya dengan lampu meja yang masih menyala, dan bangku kosong.

Warganet pun bertanya-tanya, di mana si gadis Lofi berada. Pasalnya, sehari sebelum "hilang", “Lofi Girl” menunggah cuitan ke Twitter dengan handle @lofigirl. Ia curhat mengenai kucingnya yang kerap menatap jendela kamarnya setiap hari.

Baca juga: YouTube Lofi Girl Berhenti Streaming gara-gara Klaim Palsu dari Malaysia

“Saya masih belum menemukan jawaban apa yang dilihat kucingku selama ini,” tulis Lofi. Jadi, hilangnya sang gadis masih menjadi misteri bagi semua orang.

Pantauan KompasTekno, Selasa (11/4/2023) di kanal YouTube “Lofi Girl”, kini live streaming tersebut hanya menampilkan jendela dari seberang kamar sang gadis yang diperbesar (zoom).

Hasil gambarnya sedikit pecah, tetapi masih dapat diketahui bahwa itu adalah gambar jendela yang menyalakan lampu biru.

Sebelum menampilkan gambar jendela, di sekitar 1-2 jam awal, YouTube “Lofi Girl” masih menampilkan gadis yang tengah melakukan rutinitasnya dengan menulis di meja, sambil ditemani kucing peliharaannya yang tengah menghadap ke jendela.

Gadis di YouTube Lofi Girl hilangYouTube/Lofi Girl Gadis di YouTube Lofi Girl hilang

Namun, di menit di selanjutnya, jendela di seberang kamar gadis “Lofi Girl” muncul cahaya biru yang berkedap-kedip. Selama kurang lebih satu menit, lampu jendela itu masih berkedip, yang diartikan sebagian warganet sebagai kode Morse.

Saat tiba-tiba hilang, kolom komentar pun dipenuhi oleh respons warganet yang juga kaget melihat gadis tersebut hilang.

Beberapa dari mereka bahkan ada yang khawatir Lofi Girl akan memberhentikan live streaming-nya, ada juga yang mencoba memecahkan kode morse yang dimunculkan dari lampu seberang kamar tadi.

Baca juga: YouTube Lofi Girl Bisa Diputar Lagi Setelah Ditangguhkan dan Berhenti Streaming

Alhasil, warganet yang berhasil memecahkan kode Morse tersebut menemukan sebuah tautan (link) bernama lofiworld.com.

Saat diklik, hanya terdapat tulisan “Lofi World” dengan tombol “Launch”, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mobile SyrupSelasa (11/4/2023).

Tombol “Launch” tersebut mengarahkan pengguna ke live streaming Lofi Girl yang lain. Berbeda dengan nuansa kamar sebelumnya, kali ini kamarnya cukup redup, didominasi warna biru, terdapat akuarium di sisi kiri, dan meja belajar serta rak buku di sebelah kanan.

Live streaming yang baru dari Lofi GirlYouTube/Lofi Girl Live streaming yang baru dari Lofi Girl

Kemungkinan besar, lampu yang berkedip tadi adalah kamar warna biru di streaming Lofi Girl yang baru. Live streaming tersebut masih menyiarkan musik bergaya instrumental tetapi bukan bergenre Lo-fi, hanya instrumen yang didominasi oleh piano dan alat musik lainnya.

Menariknya, kamar tersebut menampilkan jam yang melakukan hitungan mundur. Ditambah, ada tanggal kalendar yang dilingkari warna merah di 11 April 2023.

Tidak diketahui apa yang akan terjadi setelah hitungan mundur selesai, kemungkinan besar Lofi Girl akan memperkenalkan sesuatu yang baru di tanggal 11 April 2023.

Spekulasi-spekulasi yang muncul menyebut bahwa Lofi Girl berencana memperkenalkan karakter live sreaming yang baru, lalu berfokus pada kanal bermain game, hingga meluncurkan aplikasi game dan musik untuk belajar, bersantai, dan sebagainya.

Bagi yang penasaran, Anda bisa mengunjungi kanal YouTube Lofi Girl melalui tautan berikut ini, atau mengunjungi live streaming yang baru dengan klik di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com