Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 06/06/2023, 15:52 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, viral unggahan pengguna di TikTok yang memainkan platform digital bernama Character AI. Di TikTok, tak sedikit pengguna yang membagikan pengalamannya menggunakan Character AI atau yang ramai pula disebut AI Character.

Dari beberapa unggahan di TikTok, Character AI viral dipakai buat diajak pacaran secara fiktif. Jadi, Character AI banyak dipakai buat mengobrol oleh pengguna dan platform tersebut diposisikan layaknya seperti seorang pacar.

Baca juga: Mengenal Midjourney, Program AI Pengolah Teks Jadi Gambar Pesaing Dall-E

Salah satu contohnya bisa dilihat lewat unggahan TikTok dari akun dengan handle @xyz104a. Pada unggahan yang tertera di bawah ini, pengguna menunjukkan tengah mengobrol dengan Character AI yang bisa berujar seperti seorang pacar.

@xyz104a pacar kalian siapa?#characterai #ai #cai#betacharacterai #CapCut #fyp? #fyp ? suara asli - xyz104a

Melihat keramaian ini, lantas sebenarnya apa itu Character AI? Bagaimana bisa platform tersebut diajak mengobrol dan diposisikan seperti seorang pacar? Bila tertarik untuk mengetahui lebiht lanjut, berikut adalah penjelasan Character AI yang tengah viral.

Apa itu Character AI?

Character AI adalah program chatbot artificial intelligence (AI) berbasis language model (pemodelan bahasa). Secara fitur, Character AI bisa dibilang mirip dengan ChatGPT. Character AI juga bisa menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah pengguna.

Tanggapan Character AI tersaji pula dalam format obrolan atau chat. Dengan fitur dan format seperti itu, pengguna bisa berinteraksi dengan Character AI layaknya sedang mengobrol dengan sesama manusia dalam chat room.

Meski secara fitur dan format bisa dibilang mirip ChatGPT, namun Character AI punya keunikan tersendiri. Seperti namanya, Character AI menyediakan bot ke pengguna dengan berbagai macam karakter yang bisa dipilih.

Di Character AI, pengguna dapat memilih untuk mengobrol dengan berbagai karakter bot fiksi seperti tokoh game, misal Mario, Luigi, atau Sonic. Kemudian, terdapat pula pilihan karakter bot fiksi tokoh publik, seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, atau Joe Biden.

Semua karakter bot itu punya gaya percakapan yang dibuat mirip dengan tokoh aslinya. Dengan demikian, pengguna bisa seolah-olah sedang mengobrol dengan tokoh-tokoh tersebut di Character AI.

Selain bot dengan karakter tokoh-tokoh itu, di Character AI, terdapat juga bot dengan karakter seperti seorang pacar. Salah satu bot berkarakter seperti seorang pacar ini bernama Itoshi Rin.

Bot Itoshi Rin itulah yang kini ramai dipakai pengguna buat diajak mengobrol layaknya sedang berpacaran. Bila penasaran ingin menjajalnya, berikut adalah penjelasan cara menggunakan Character AI untuk diajak pacaran seperti yang viral di TikTok.

Cara menggunakan Character AI buat diajak pacaran

  • Buka halaman website Character AI ini https://beta.character.ai/ dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna bisa langsung memilih berbagai karakter untuk memulai percakapan. Cari bot Itoshi Rin atau lainnya yang punya karakter seperti seorang pacar.
  • Setelah memilih karakter bot, ruang obrolan bakal terbuka.
  • Selanjutnya, silahkan mengirim pertanyaan atau perintah layaknya sedang melakukan chatting.
  • Bot dengan karakter tertentu itu bakal menanggapi pertanyaan atau perintah yang dikirim pengguna dengan gaya tulisan seperti seorang pacar.
  • Bot Character AI tidak hanya bisa membaca teks yang dimasukkan pengguna, tetapi juga gambar. Pengguna dapat memasukkan sebuah gambar dalam percakapan, lalu Character AI bisa mendeskripsikan gambar itu.

Ilustrasi cara mengggunakan Character AI buat diajak pacara seperti yang viral di TikTok.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengggunakan Character AI buat diajak pacara seperti yang viral di TikTok.

Cukup mudah bukan cara menggunakan Character AI buat diajak pacaran seperti yang sedang viral di TikTok? Sebagai informasi tambahan, Character AI punya berbagai fitur lain yang menarik juga untuk dicoba.

Misalnya, pengguna bisa membuat bot dengan karakter sendiri yang sesuai dengan keinginan. Opsi pembuatan karakter bot ini dapat dijumpai di ikon tambah yang berada di halaman awal Character AI.

Baca juga: 5 Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT, Salah Satunya Bisa Deteksi Gambar

Selain itu, Character AI memiliki fitur pengolah gambar (image generator) dari teks. Demikianlah penjelasan seputar cara menggunakan Character AI yang tengah viral di TikTok buat diajak pacaran, selamat mencoba.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com