Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Perangkat Input Komputer dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 02/09/2023, 12:33 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui macam-macam perangkat input atau input device bila ingin belajar mengoperasikan komputer. Pengetahuan atas macam-macam perangkat input itu berguna untuk memahami tujuan penggunaannya.

Sebagai pengetahuan dasar yang perlu dipahami supaya bisa mengoperasikan komputer, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai macam-macam perangkat input. Lantas, apa saja yang termasuk perangkat input di komputer?

Baca juga: Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Macam-macam perangkat input

Perlu diketahui, komputer terdiri dari beberapa komponen atau bagian. Komponen komputer setidaknya terbagi menjadi empat jenis, yaitu perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage.

Tiap komponen itu punya fungsi yang berbeda, tetapi saling berhubungan dalam alur kerja komputer. Secara umum, komputer memiliki alur kerja berupa menerima instruksi, perintah, atau data dari pengguna.

Kemudian, memprosesnya dan menyajikan kembali hasil pemrosesan itu dengan bentuk yang dipahami pengguna. Dalam alur kerja itu, input device punya wilayah operasi yang lekat dengan pengguna.

Input device adalah komponen yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan perintah atau data pada komputer.

Perangkat input bertugas untuk mengambil perintah, data, atau instruksi dari pengguna, lalu mengubahnya menjadi bahasa biner yang bisa dipahami oleh perangkat pemrosesan atau processing device.

Ada banyak macam perangkat input yang berguna untuk mengambil berbagai bentuk perintah pengguna. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar macam-macam perangkat input pada komputer.

1. Mouse

Ilustrasi perangkat input mouse.Unsplash/Oscar Ivan Ilustrasi perangkat input mouse.

Mouse berfungsi untuk mengendalikan kursor pada layar komputer. Pengguna dapat mengeklik, menggerakkan kursor, dan melakukan fungsi navigasi lainnya di layar komputer melalui mouse.

2. Keyboard

Ilustrasi perangkat input keyboard.Unsplash/Stefe Tan Ilustrasi perangkat input keyboard.

Keyboard adalah perangkat input yang terdiri dari beberapa tombol. Keyboard memiliki fungsi untuk memasukkan data ke komputer berupa teks, angka, simbol, dan perintah khusus, melalui tombol-tombol yang tersedia.

3. Webcam

Webcam merupakan perangkat input yang berfungsi untuk mengambil data berupa video atau gambar ke komputer. Webcam biasanya dipakai di komputer untuk mengambil foto, merekam video, atau melakukan interaksi dengan panggilan video secara online.

4. Scanner

Scanner memiliki fungsi untuk mengonversi dokumen cetak menjadi data digital yang dapat dibaca oleh komputer. Scanner biasanya dipakai untuk memindai surat atau gambar fisik dan menjadikannya dokumen digital di komputer.

5. Mikrofon

Ilustrasi perangkat input mikrofon.Unsplash/Eduardo Cano Ilustrasi perangkat input mikrofon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com