Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Komputer: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Kompas.com - 02/09/2023, 15:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Komponen komputer kiranya menjadi pengetahuan dasar yang perlu dipahami pengguna jika ingin belajar mengoperasikannya. Komputer adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memproses, mengolah, dan menyimpan data.

Untuk melakukan fungsi tersebut, sebuah komputer terdiri dari beberapa komponen atau perangkat keras. Setiap komponen pada komputer bakal bekerja secara harmonis untuk menjalankan fungsi tertentu.

Baca juga: Cara Mematikan Komputer dengan Benar dan Hal yang Perlu Dilakukan Sebelumnya

Lantas, apa saja komponen dari sebuah komputer? Pengguna yang ingin belajar mungkin belum terlalu memahami apa saja komponen dari sebuah komputer. Akan tetapi, jika baru belajar dan belum memahami komponen komputer, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai komponen komputer, jenis, contoh, dan fungsinya. Bila tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan mengenai komponen komputer di bawah.

Pengertian komponen komputer

Komponen komputer adalah bagian-bagian atau sekumpulan perangkat penting yang membentuk sistem komputer. Setiap komponen memiliki peran masing-masing yang saling berhubungan untuk menjalankan tugas komputasi.

Ada banyak komponen yang terdapat pada komputer. Akan tetapi, komponen komputer secara umum dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage.

Empat komponen itu punya fungsi yang berbeda. Namun, dalam menjalankan tugas komputasi, seperti mengolah teks, gambar, atau data lainnya, keempat komponen tersebut bakal bekerja secara harmonis.

Adapun penjelasan lebih lanjut dari masing-masing jenis komponen komputer tersebut adalah sebagai berikut.

Jenis komponen komputer

1. Perangkat input (input device)

Perangkat input adalah perangkat keras atau komponen yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan perintah atau data pada komputer. Memasukkan data atau perintah lewat perangkat input merupakan titik awal dari alur kerja komputer

Perangkat input bertugas untuk mengambil perintah, data, atau instruksi dari pengguna, lalu mengubahnya menjadi bahasa biner yang bisa dipahami oleh perangkat pemrosesan.

2. Perangkat processing (processing device)

Perangkat processing bisa dibilang merupakan komponen utama pada komputer. Perangkat komputer adalah bagian dari komputer yang bertugas untuk menerima instruksi, memproses data, dan menghasilkan output.

Dikutip dari laman Geeks for Geeks, terdapat tiga unit inti yang secara umum terdapat pada perangkat processing komputer, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit), Control Unit, dan Register Memory Unit.

Control bertugas untuk mengontrol aliran data yang keluar-masuk di komputer. ALU bertugas untuk melakukan perhitungan matematika dan mengambil keputusan logis dari data atau perintah yang masuk.

Kemudian, Register Memory Unit memiliki tugas untuk menyimpan data atau instruksi yang langsung digunakan saat pemrosesan. Semua data yang masuk bakal disimpan dulu di Register Memory Unit sebelum diproses.

3. Perangkat output (output device)

Perangkat output adalah komponen yang bertugas untuk mengambil data yang telah diproses oleh komputer dalam bahasa biner dan mengubahnya menjadi bentuk atau tindakan yang dapat dimengerti oleh pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com