Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Starfield" Bisa Dimainkan Gratis Pelanggan Xbox dan PC Game Pass

Kompas.com - 07/09/2023, 16:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Xbox

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan daftar game gratis untuk pelanggan layanan Xbox Game Pass dan PC Game Pass periode September 2023. Ada tujuh game yang bisa dimainkan cuma-cuma di komputer (PC), cloud, konsol Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Dari ketujuh game tersebut, game yang paling menarik adalah "Starfield". Game ini baru dirilis resmi pada Rabu (6/9/2023). Game ini mendapat sambutan hangat, bahkan saat game ini memecahkan rekor jumlah pemain early-access.

Permainan Role-Playing Game (RPG) besutan Bethesda Game Studios ini, langsung dapat dimainkan oleh pelanggan Xbox Game Pass dan PC Game Pass, sejak hari perilisannya alias "Day One".

Xbox Game Pass sendiri memungkinkan gamer menikmati berbagai permainan di konsol Xbox One dan Xbox Series X/S dengan membayar biaya langganan per bulan atau per tahun.

PC Game Pass juga merupakan layanan berlangganan yang sama, tetapi untuk platform PC.

Adapun layanan Xbox Game Pass dibanderol dengan harga 10.99 dollar AS (Rp 168.399) per bulan, sedangkan PC Game Pass seharga Rp 49.999 per bulan.

Sebagai perbandingan, "Starfield" dijual seharga Rp 759.000 di platform distribusi Steam dan sekitar Rp 1 juta di konsol Xbox Series X/S. Dengan demikian, pengguna bisa lebih berhemat jika berlangganan Game Pass.

Termasuk "Starfield", daftar game gratis Xbox Game Pass dan PC Game Pass bulan September 2023 mencakup "Gris", "Solar Ash", "Lies of P", "Party Animals", "Payday 3", dan "Cocoon". Berikut ini deskripsi untuk sejumlah game yang sudah disebut:

1. "Starfield"

StarfieldBethesda Game Studios Starfield
"Starfield" merupakan game petualangan futuristis bertema luar angkasa. Dalam permainan RPG ini, gamers bakal bergabung dengan "Constellation", yakni kelompok penjelajah luar angkasa, yang sedang mencari artefak paling langka di seluruh galaksi.

Pemain bisa merancang karakter sendiri, mulai dari tampilan fisik, latar belakang cerita, hingga kepribadian karakter.

Selain merancang desain karakter, pengguna juga bisa mendesain pesawat luar angkasa yang dikendarai. Namun, perubahan desain juga berpengaruh pada status pesawat tersebut, misalnya ketahanan alias hit points (HP).

Begitu selesai melakukan kustomisasi, gamer akan mengerjakan berbagai misi (quest) menarik dan menjelajahi ribuan planet unik.

Pemain dapat mengumpulkan sumber daya untuk membuat senjata, obat, dan makanan. Pemain dapat pula mendirikan markas dan memperkerjakan kru untuk mengumpulkan material.

Pelanggan layanan Xbox Game Pass dan PC Game Pass sudah bisa menikmati "Starfield" dari 6 September. Game ini hanya dapat dimainkan di PC, Xbox Series X/S, dan cloud.

Pengguna yang ingin bermain di Xbox One harus memanfaatkan cloud lewat langganan Xbox Game Pass Ultimate, seharga 16.99 dollar AS (Rp 260.541) per bulan.

Baca juga: Game Starfield Meluncur di PC dan Xbox, Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Xbox
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com