Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game PS Plus September 2023, Ada Game Lawas "Saints Row"

Kompas.com - 01/09/2023, 19:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony kembali mengumumkan daftar game gratis untuk PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5). Deretan game ini bisa dimainkan cuma-cuma oleh pelanggan layanan PlayStation Plus (PS Plus) periode September 2023.

Pada September ini, pelanggan PS Plus dapat menikmati game "Saints Row", "Black Desert - Traveler Edition", dan "Generation Zero". Game "Saints Row" bisa dimainkan di konsol PS5 dan PS4, sedangkan kedua game lainnya hanya bisa dijajal di PS4.

1. Saints Row

Saints RowSteam Saints Row
"Saints Row" adalah game open-world yang mengusung sudut pandang orang ketiga (third person). Game yang secara konsep mirip dengan "Grand Theft Auto (GTA)" ini digarap oleh studio Volition dan diterbitkan oleh Deep Silver.

Game ini merupakan pembuatan ulang (reboot) dari seri "Saints Row", yang pertama kali menyambangi konsol Xbox 360 pada Agustus 2006.

Dalam game ini, pemain berperan sebagai "The Boss", yakni karakter yang tampilannya dapat dirancang sesuka hati. Pemain bisa memilih jenis kelamin, ukuran tubuh, warna kulit, model rambut, kostum, dan masih banyak lagi.

Sebagai "The Boss", gamer akan membuat geng "The Saints" di kota Santo Ileso bersama teman dekatnya, yaitu Neenah, Kevin, dan Eli.

Ketiganya memiliki keterampilan masing-masing. Misalnya Neenah yang ahli menyetir mobil, atau Eli yang cerdas dalam mengelola bisnis.

Pemain pun memiliki kewajiban untuk membuat geng kecil tersebut makin besar dan dikenal masyarakat luas. Untuk itu, pemain perlu menumpaskan geng pesaing yang terbagi menjadi "Los Panteros", "The Idols", dan bahkan perusahaan militer "Marshall".

Begitu mengalahkan sejumlah geng ini, pemain bakal mengontrol area Santo Ileso. Area ini bisa digunakan untuk sejumlah bisnis ilegal, yang nantinya akan menghasilkan uang untuk pemain.

Uang tersebut bakal dimanfaatkan untuk sejumlah hal, misalnya membuka slot untuk kemampuan (perk) baru. Dari lima slot yang tersedia, pemain mesti membeli empat buah slot.

Nantinya, pemain bisa menggunakan beberapa perk sekaligus, seperti "Tactical Training" untuk bergerak dengan cepat saat berjongkok, dan "Death Race" untuk berlari dengan cepat ketika pemain berada di ambang kematian.

Game yang menitikberatkan aspek komedi ini bisa dimainkan secara multiplayer bersama satu teman lainnya. Fitur multiplayer didukung untuk mode cerita (campaign) dan misi sampingan (side activities).

Baca juga: Daftar Game Baru September 2023, Ada Starfield dan EA Sports FC 24

2. Black Desert - Traveler Edition

Black DesertSteam Black Desert
Berikutnya, pelanggan PS Plus dapat memainkan game Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) berjudul "Black Desert - Traveler Edition".

Game ini menceritakan konflik antara dua negara, yakni Republik Calpheon yang bersifat materialistis, dan Kerajaan Valencia yang mengagungkan spiritualisme.

Seperti game MMORPG pada umumnya, game ini menawarkan fitur pemain melawan pemain (Player Vs Player/PVP) dan pemain melawan monster alias PvE (Player Vs Environment).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com