Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda iPhone 15 Rilis di Indonesia Sebentar Lagi

Kompas.com - 27/09/2023, 10:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah resmi dirilis secara global 12 September lalu, iPhone 15 series tampaknya bakal segera diperkenalkan ke Indonesia dalam waktu dekat. Indikasinya berasal dari laman sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pasalnya, laman tersebut memuat sertifikasi empat perangkat yang diduga kuat sebagai iPhone 15 series. Empat model tersebut adalah iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs Kemenperin, Rabu (27/9/2023), sertifikat tersebut didaftarkan oleh PT. Apple Indonesia sebagai nama perusahaan.

Tidak disebutkan apa nama modelnya, hanya tertera nomor model masing-masing perangkat, yakni nomor model A3106, A3102, A3094, dan A3090.

iPhone 15 series terpantau sudah lolos sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan skor 35 persen
Kemenperin iPhone 15 series terpantau sudah lolos sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan skor 35 persen

Merujuk pada laman resmi Apple Support, A3106 merupakan iPhone 15 Pro Max, A3102 adalah iPhone 15 Pro, A3094 untuk iPhone 15 Plus, dan A3090 untuk iPhone 15 “reguler”. Keempat model memiliki bobot nilai TKDN sebesar 35 persen.

Baca juga: iPhone 15 Pro Max Retak Saat Dibengkokkan dengan Tangan Kosong

iPhone 15 series terdaftar sebagai produk "Telepon Seluler" yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Kemunculan sertifikasi ini mengindikasikan iPhone 15 bakal meluncur ke Tanah Air dalam waktu dekat. Sebab, sertifikasi TKDN merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi setiap perangkat, sebelum dipasarkan ke Indonesia.

Kapan iPhone 15 rilis di Indonesia?

Tangkapan layar poster iPhone 15 dan iPhone 15 Pro series yang terpajang di laman landas situs Apple Authorized Reseller Indonesia, seperti Digimap dan iBox.Apple Authorized Reseller Indonesia Tangkapan layar poster iPhone 15 dan iPhone 15 Pro series yang terpajang di laman landas situs Apple Authorized Reseller Indonesia, seperti Digimap dan iBox.

Selain sertifikasi TKDN, indikasi lain iPhone 15 rilis di Indonesia sebentar lagi adalah kemunculan poster di landing page (laman landas) di situs Apple Premium Reseller (APR) Indonesia, seperti iBox Indonesia dan Digimap.

Kedua situs sudah memunculkan poster iPhone 15 dan iPhone 15 Pro di halaman utama. Namun, tidak disebutkan kapan flagship terbaru Apple ini akan bisa dibeli di Tanah Air.

Hanya tertera keterangan "cek kembali untuk informasi ketersediaan". Apabila poster diklik, web akan mengarahkan ke formulir pendaftaran untuk mendapat informasi terbaru seputar iPhone 15 series di Indonesia.

Apabila melihat tradisi peluncuran iPhone terbaru di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, biasanya, iPhone generasi terbaru akan dirilis sekitar akhir tahun, antara bulan November-Desember.

iPhone 13 series misalnya, diboyong ke Indonesia pada November 2021, dua bulan setelah peluncuran global. Periode yang sama juga terulang, ketika iPhone 14 series dirilis pada 4 November 2022 lalu.

Bukan tidak mungkin, iPhone 15 rilis di Indonesia sekitar bulan November, apabila masih mengikuti tradisi yang sama seperti pendahulunya.

Spesifikasi iPhone 15 series

iPhone 15 memiliki layar 6,1 inci, sedangkan iPhone 15 Plus memiliki layar 6,7 inci.Youtube/ Apple iPhone 15 memiliki layar 6,1 inci, sedangkan iPhone 15 Plus memiliki layar 6,7 inci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com