Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perbedaan WhatsApp Diblokir dan Tidak Aktif yang Perlu Diketahui

Kompas.com - Diperbarui 02/10/2023, 09:52 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif. Di aplikasi WhatsApp (WA), terdapat dua kemungkinan kita tidak bisa menghubungi seseorang. Pertama, orang tersebut telah memblokir nomor WA kita.

Kemudian, yang kedua, ponsel milik orang tersebut dalam kondisi tidak aktif atau tidak terhubung dengan jaringan internet, sehingga membuat WhatsApp-nya jadi offline. Kedua kondisi inilah yang membuat kita tidak bisa menghubungi orang di WA.

Baca juga: Menu Status WhatsApp Berubah Jadi “Pembaruan” dan Mirip Story IG, Kenapa?

Saat tidak bisa menghubungi seseorang di WA, pengguna mungkin ingin mengetahui alasannya, apakah karena diblokir atau orang tersebut tidak aktif. Akan tetapi, untuk mengetahuinya itu bisa dibilang cukup sulit.

Pasalnya, WA diblokir dan tidak aktif memiliki efek yang serupa, yakni pengguna jadi tidak bisa menghubungi seseorang. Dengan adanya efek yang mirip itu, jika ingin tahu seseorang tidak bisa dihubungi, lantas apa perbedaan WA diblokir dan tidak aktif?

Perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif

Meski punya efek yang mirip, kondisi WA diblokir dan WA tidak aktif sejatinya memiliki sejumlah perbedaan. Akan tetapi, perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif bisa dibilang sifatnya itu tidak pasti.

Sebab, WhatsApp tidak menjelaskan secara rinci mengenai perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif. Adapun beberapa perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut.

1. Chat

Di segi chat atau pesan, jika WA kita diblokir oleh seseorang, kita tidak akan bisa berinteraksi dengannya. Chat yang kita kirim hanya bertanda centang satu alias tidak terkirim. Efek tersebut juga sama bisa dijumpai saat orang itu tidak aktif.

Namun, jika WA orang tersebut tidak aktif, chat yang semula tidak terkirim jadi bisa terkirim lagi alias bertanda centang dua, saat orang tersebut terhubung dengan jaringan internet kembali.

2. Telepon

Sama halnya dengan masalah chat, jika WA kita diblokir seseorang, kita jadi tidak bisa meneleponnya. Ketika ditelepon di WA, panggilan hanya akan berstatus “Calling” atau “Memanggil” alias tidak masuk.

WA yang tidak aktif juga memiliki efek seperti itu. Akan tetapi, perbedaan WA diblokir dan WA tidak aktif dalam hal telepon adalah jika tidak aktif, kita masih bisa menghubunginya saat orang tersebut telah aktif kembali.

Baca juga: Cara Menghapus Saluran WhatsApp dengan Mudah biar Tak Terganggu

3. Foto profil

Perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif yang berikutnya ada di bagian foto profil. Bila seseorang memblokir kita di WA, kita tidak akan bisa melihat foto profilnya. Meski orang itu pasang foto profil, foto profilnya bakal otomatis jadi kosong.

Namun, bila WA seseorang tidak aktif dan sebelumnya menampilkan foto profil, kita akan masih bisa melihat foto profil tersebut.

4. Memasukkan ke grup

Keempat, perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif bisa dilihat dengan mencoba memasukkan kontak ke grup. Jika WA diblokir, kita tidak akan bisa memasukkan kontak yang memblokir kita di sebuah grup.

Namun, sebaliknya, bila WA tidak aktif, kita masih bisa memasukkan orang tersebut ke sebuah grup.

5. Status “Last Seen” dan “Online”

Perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif yang kelima bisa dilihat pada status “Last Seen” dan “Online”. Bila WA diblokir, kita tidak akan bisa melihat kedua status tersebut, meski orang yang memblokir mengaktifkannya.

Sementara itu, pada orang yang WA-nya tidak aktif, bila ia mengaktifkan status “Last Seen” maka kita masih bisa melihatnya. Status “Online” jika sebelumnya telah diaktifkan,
juga bakal muncul saat orang itu aktif kembali.

Baca juga: Cara Membuat Video Bulat di WhatsApp untuk Kirim Chat dalam Bentuk Video

Itulah beberapa perbedaan WhatsApp diblokir dan tidak aktif yang mungkin terjadi. Pengguna bisa melihat perbedaan tersebut untuk mengidentifikasi apakah orang yang sedang tidak bisa dihubungi itu dalam kondisi tidak aktif atau telah memblokir pengguna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com