Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Saluran WhatsApp dan Channel Telegram, Apa Saja Bedanya?

Kompas.com - 28/09/2023, 14:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp resmi merilis fitur baru Saluran atau Channel WA. Saluran WhatsApp memungkinkan pengguna dapat mengikuti channel dari akun-akun yang diiinginkan. Misalnya saja Channel WhatsApp dari akun tokoh atau media tertentu.

Channel ini berguna agar pengikut mendapatkan kabar terkini. Saluran WhatsApp sendiri memiliki kinerja dan tampilan sekilas mirip dengan Channel Telegram. Keduanya pun sama-sama bersifat komunikasi satu arah.

Artinya, hanya admin yang dapat mengirimkan kabar sedangkan pengikut hanya bisa memberikan reaksi. Kendati tampak sama, kedua fitur ini pun memiliki beberapa aspek berbeda. Apa saja itu? mari membandingkan Saluran WhatsApp dan Channel Telegram berikut ini.

Baca juga: Kenapa Menu Saluran WhatsApp Belum Muncul? Begini Penjelasannya

Keterlibatan dan interaksi

Kedua fiitur ini bersifat komunikasi satu arah, yang berarti hanya admin yang dapat mengirimkan pesan kepada pengikut atau pelanggannya.

Penerima tidak dapat membalas pesan yang dikirimkan ke saluran tersebut. Namun, kedua layanan menawarkan opsi interaksi atau umpan balik yang berbeda untuk pesan.

Di Saluran WhatsApp, Anda dapat berinteraksi dengan enam emoji untuk memberikan respon atas pesan yang diterima. Sedangkan di Telegram, cenderung menawarkan berbagai macam emoji sebagai umpan balik.

Di sini admin bisa memilih emoji mana yang akan diizinkan sebagai respon atau reaksi dari pelanggannya. Selain itu di Telegram, admin bahkan dapat menautkan grup ke saluran Telegram tempat diskusi mengenai pembaruan saluran dapat dilakukan.

Ketika sebuah grup ditautkan, pelanggan akan melihat tombol komentar di bawah setiap postingan di Channel Telegram.

Istilah pengikut

Channel Telegram dan WhatsApp memiliki perbedaan penyebutan istilah pada pengikutnya. Channel Telegram menyebut peserta yang bergabung di Saluran sebagai Subscribers/Pelanggan. Sedangkan di WhatsApp peserta Saluran WA disebut sebagai Followers/Pengikut.

Visibilitas fitur di aplikasi

Channel Telegram dan Saluran WhatsApp memiliki jangkauan yang sedikit berbeda. Saluran WhatsApp mudah ditemukan di bagian tab tersendiri yaitu di Tab Updates/Pembaruan. Tab ini dahulu merupakan bagian menu dari tab "Status WhatsApp". Pengguna bisa menggulir ke bawah dan menemukan Channel WA yang diinginkan.

Sedangkan di Telegram, Anda tidak akan menemukan tab khusus saluran WhatsApp. Pengguna yang ingin mengikuti Channel Telegram tertentu harus mencarinya di kolom pencarian.

Apabila sudah bergabung, fitur Channel Telegram akan muncul di bagian "Semua Obrolan" di aplikasi Telegram.

Jumlah yang melihat pesan yang terkirim

Semua subscribers di Telegram dapat melihat berapa banyak orang yang telah melihat setiap pesan di Channel Telegram. Ini ditandai dengan ikon mata di pojok kanan bawah pesan dengan jumlah yang melihat.

Sedangkan di WhatsApp fitur ini tidak dapat diakses kecuali dengan admin saja. Namun kedua aplikasi tersebut menunjukkan jumlah reaksi yang diterima pada setiap pesan.

Jumlah admin

Telegram memungkinkan pengguna menambahkan admin tambahan ke Channel. Namun, fitur ini tidak tersedia di saluran WhatsApp hingga artikel ini ditulis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com