Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Lawas Ini Wajib Update iOS biar Tetap Bisa Pakai WhatsApp

Kompas.com - 04/10/2023, 18:40 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Dukungan aplikasi WhatsApp telah dihentikan di beberapa HP, tak terkecuali iPhone, terutama iPhone dengan sistem operasi iOS lawas. Penghentian dukungan aplikasi perpesanan ini di iPhone dengan iOS lawas rutin dilakukan WhatsApp.

Dalam menentukan iPhone yang tidak bisa menggunakan WhatsApp, perusahaan secara berkala meninjau hardware atau software mana yang paling lawas dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit.

Baca juga: Daftar HP Android dan iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp per 24 Oktober

Kebijakan penghentian dukungan ini diambil karena iPhone dengan sistem operasi lawas mungkin tidak memiliki update keamanan terbaru dan fungsionalitas lain yang diperlukan untuk bisa menjalankan aplikasi Whatsapp secara optimal.

Lantas, apa saja iPhone yang support WhatsApp? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan iPhone yang support WhatsApp di bawah ini.

iPhone yang support WhatsApp

Pada pengumuman resmi perusahaan yang telah disampaikan sejak sekitar akhir tahun lalu, iPhone yang support WhatsApp setidaknya memiliki spesifikasi minimum berdasar versi iOS sebagai berikut:

  • iPhone dengan sistem operasi iOS 12 dan yang lebih baru

Itulah ketentuan dari iPhone yang support WhatsApp. Dengan ketentuan itu, artinya iPhone dengan sistem operasi yang lebih lawas dibanding spesifikasi minimum yang ditetapkan tak akan lagi bisa mengoperasikan atau menggunakan WhatsApp.

Jadi, iPhone dengan sistem operasi iOS 11 dan yang lebih lama lagi sekarang tidak akan bisa mengakses dan mengoperasikan aplikasi WhatsApp. Lantas, bagaimana solusi agar iPhone lawas tetap bisa pakai WhatsApp?

Solusi agar tetap bisa pakai WhatsApp di iPhone

Supaya tetap bisa menggunakan WhatsApp, terdapat dua solusi yang bisa dilakukan pengguna. Pertama, pengguna bisa memperbarui atua update sistem operasi iOS yang kini tengah digunakan di iPhone, jika memungkinkan.

Bila pengguna memakai iPhone yang mendukung untuk update sistem operasi ke iOS 12 dan yang lebih baru, sangat disarankan melakukannya supaya tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp.

Sebagai informasi, beberapa model iPhone lawas yang bisa menjalankan iOS 12 untuk mengoperasikan WhatsApp antara lain, seperti iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6S, dan yang lebih baru lagi.

Baca juga: 6 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Kita Diblokir Seseorang dengan Mudah

Pengguna yang memakai salah satu dari beberapa model iPhone tersebut wajib update iOS 12 terlebih dahulu bila tetap ingin bisa menggunakan aplikasi WhatsApp.

Kemudian, solusi yang kedua adalah pengguna perlu mengganti iPhone ke model yang lebih baru. Untuk diketahui, terdapat beberapa mode iPhone lawas yang tidak bisa update iOS 12. Contohnya seperti iPhone 5 dan iPhone 5C.

Model iPhone tersebut hanya bisa menjalankan sistem operasi dengan versi mentok di iOS 10. Dengan demikian, jika pengguna memakai iPhone yang tak bisa update iOS 12, supaya tetap bisa menggunakan WhatsApp, pengguna perlu menggantinya dengan model terbaru.

Dalam kebijakan penghentian dukungan aplikasi WhatsApp, selain iPhone, terdapat HP dengan sistem operasi lain yang juga masuk bagian. Adapun HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp lainnya adalah sebagai berikut.

HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp

Untuk HP berbasis sistem operasi Android, per 24 Oktober nanti, HP yang menggunakan sistem operasi di bawah Android 5.0, tidak akan lagi bisa menggunakan atau mengoperasikan aplikasi WhatsApp.

Supaya tetap bisa menggunakan WhatsApp, pengguna perlu memakai HP yang mendukung sistem operasi Android 5.0 atau yang lebih baru.

Di sistem operasi KaiOS, perusahaan juga menetapkan HP yang support untuk menjalankan WhatsApp adalah HP yang minimal menjalankan KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru. HP tersebut termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

Selain dari segi sistem operasi, piihak WhatsApp juga menetapkan HP yang bisa menjalankan aplikasi WhatsApp adalah HP yang bisa menerima SMS atau telepon untuk keperluan verifikasi akun.

Baca juga: 5 Perbedaan WhatsApp Diblokir dan Tidak Aktif yang Perlu Diketahui

Pihak WhatsApp mengatakan, tidak akan mendukung pengaturan akun baru di perangkat yang hanya menggunakan WiFi. Pengguna hendaknya memperhatikan semua ketentuan di atas supaya tetap bisa mengakses WhatsApp di HP.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com