Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Bing Image Creator yang Lagi Viral buat Bikin Poster Disney Pixar?

Kompas.com - 31/10/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di media sosial (medsos) seperti Twitter dan TikTok, belakangan ini tengah diramaikan dengan poster ala film-film animasi garapan Disney Pixar dengan karakter dan nama karangan pengguna sendiri.

Poster Disney Pixar yang ramai dibagikan di medsos itu sejatinya bukan merupakan hasil buatan tangan pengguna sendiri, melainkan hasil dari olahan program AI (Artificial Intelligence) Bing Image Creator.

Baca juga: Cara Membuat Gambar Sipitkan Mata yang Viral di Medsos, Mudah

Adapun contoh poster Disney Pixar hasil olahan program AI Bing Image Creator yang lagi viral di medsos itu adalah sebagai berikut.

Contoh poster Disney Pixar AI. Bing Image Creator Contoh poster Disney Pixar AI.

Contoh poster Disney Pixar AI hasil olahan Bing Image Creator.Bing Image Creator Contoh poster Disney Pixar AI hasil olahan Bing Image Creator.

Poster Disney Pixar seperti pada gambar di atas ramai dibagikan di medsos dengan berbagai rupa. Melihat keramaian program AI tersebut untuk membuat poster Disney Pixar, lantas apa itu Bing Image Creator?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai Bing Image Creator yang lagi viral untuk membuat poster Disney Pixar.

Bing Image Creator

Bing Image Creator adalah program AI yang memiliki kemampuan utama untuk membuat atau mengolah gambar berdasarkan data teks yang dimasukkan pengguna. Mudahnya, Bing Image Creator bisa disebut pula dengan program AI text to image.

Dalam model-model program AI, dengan kemampuannya untuk mengolah atau membuat gambar berdasar data teks yang diinput pengguna, Bing Image Creator termasuk dalam model AI Art Generator.

Bing Image Creator merupakan AI Art Generator yang dikembangkan Microsoft dengan berbasiskan Dall-E 3, program AI pengolah gambar dari OpenAI (pengembang ChatGPT). Bing Image Creator dihadirkan Microsoft pada program mesin pencari Bing.

Bing Image Creator hadir berdampingan dengan Bing Chat, program chatbot AI yang mirip dengan ChatGPT. Lewat Bing Image Creator, pengguna bisa membuat gambar hanya dengan memasukkan teks perintah atau prompt.

Bing Image Creator bakal mengolah gambar baru yang sesuai dengan data teks perintah dari pengguna. Pengguna dapat memerintahkan Bing Image Creator untuk membuat gambar dengan model, gaya, warna, dan kriteria lain yang sesuai keinginan.

Kemampuan Bing Image Creator itulah yang belakangan ini tengah ramai dimanfaatkan pengguna untuk membuat gambar ala poster Disney Pixar. Itulah penjelasan mengenai Bing Image Creator yang lagi viral buat bikin poster Disney Pixar.

Lantas, bagaimana cara membuat poster Disney AI via Bing Image Creator? Jika tertarik mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat poster Disney AI melalui Bing Image Creator.

Baca juga: Viral Lagu Bersuara Orang Lain, Begini Cara Bikinnya Pakai AI Voice Generator

Cara membuat poster Disney AI via Bing Image Creator

Cara membuat poster Disney Pixar melalui Bing Image Creator itu cukup mudah. Akan tetapi, pengguna perlu menyampaikan perintah dengan jelas, sehingga dapat membuat poster Disney Pixar AI sesuai keinginan.

Semakin jelas prompt yang diberikan, Bing Image Creator bakal semakin mudah untuk membuat poster yang mendekati keinginan pengguna. Adapun penjelasan cara membuat poster Disney AI via Bing Image Creator adalah sebagai berikut:

  • Buka website Bing Image Creator ini https://www.bing.com/create dan login menggunakan akun Microsoft.
  • Selanjutnya, ketik prompt pembuatan gambar di kolom yang tersedia.
  • Pengguna bisa membuat poster dengan perintah sesuai keinginan. Untuk membuat poster seperti yang lagi viral di medsos, pengguna bisa menuliskan perintah awal dengan kalimat “Disney Pixar movie poster about” atau “Disney Pixar movie poster that say”.
  • Selanjutnya, pengguna bisa menuliskan perintah lebih spesifik untuk menggambarkan kehendak dalam pembuatan poster. Pengguna dapat memberikan penjelasan bentuk karakter, tema, gaya, atau warna yang ingin muncul dalam poster.
  • Dalam beberapa percobaan yang dilakukan, kami menggunakan salah satu prompt seperti ini:
    • “Disney Pixar movie poster about "KOMPAS". Please, make the poster's ambience like "Up" movie. The character on the poster is a man who works as a journalist. The man has black hair and wears glasses, a black backpack, and a leather jacket. The poster has a forest background. 3D Animation.”
  • Setelah membuat perintah, klik opsi “Create”.
    Ilustrasi cara membuat poster Disney Pixar via Bing Image Creator.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat poster Disney Pixar via Bing Image Creator.
  • Kemudian, Bing Image Creator bakal memproses perintah tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga poster Disney AI disajikan.
  • Bing Image Creator bakal menyajikan empat variasi gambar yang sesuai dengan perintah pengguna.
  • Setelah disajikan, pengguna bisa mengunduh poster Disney AI yang diolah Bing Image Creator.
    Ilustrasi cara membuat poster Disney Pixar via Bing Image Creator.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat poster Disney Pixar via Bing Image Creator.

Cukup mudah bukan cara membuat poster Disney via Bing Image Creator yang lagi viral di medsos? Perlu diketahui, beberapa waktu terakhir ini, Bing Image Creator kerap mengalami eror saat diminta mengolah gambar dikarenakan banyaknya permintaan.

Jika mengalami eror, silakan bersabar dan coba lagi di waktu selanjutnya. Kemudian, untuk diketahui pula, Bing Image Creator mungkin bakal menghasilkan beberapa gambar yang tidak sesuai dengan harapan pengguna.

Bing Image Creator masih bisa menghasilkan gambar yang cukup aneh seperti terdapat tulisan yang kurang jelas dan gambar yang terpotong. Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat poster Disney AI melalui Bing Image Creator yang lagi viral di medsos.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Art Generator buat Bikin Gambar dari Teks, Ada Canva dan Midjourney

Sebagai informasi tambahan, hasil olahan Bing Image Creator yang meniru desain Disney Pixar bisa berpotensi melanggar hak cipta. Oleh karena itu, gambar dari Bing Image Creator hendaknya tidak dipakai untuk aktivitas komersial, sebaiknya cukup dijadikan hiburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com