Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman 10 Tahun ColorOS Ungkap Jumlah Pengguna HP Oppo dan OnePlus

Kompas.com - 16/11/2023, 16:23 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo merayakan pencapaian baru. Dalam situs Oppo Global, Oppo menyebut bahwa sistem antarmuka (user interface/UI) khas Oppo, ColorOS sudah tembus 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia pada November 2023 ini.

Artinya, hingga kini, ada 600 juta perangkat Oppo (dan OnePlus) yang aktif digunakan setiap bulannya secara global. Oppo dan OnePlus yang berada di bawah payung perusahaan induk yang sama, yakni BKK Electronics, sama-sama menjalankan ColorOS.

Pencapaian 600 juta pengguna ini dicapai ColorOS setelah diperkenalkan 10 tahun silam. ColorOS 1.0 pertama kali debut pada September 2013. Ketika itu, ColorOS 1.0 berbasis berbasis Android 4.1 Jelly Bean.

Sebelum ada ColorOS, Oppo sudah meluncurkan beragam ponsel Android, tapi sistem antarmukanya tidak benar-benar diberi nama. Baru pada 2013, Oppo menetapkan nama UI untuk ponselnya adalah ColorOS. Nama UI itu langgeng hingga sekarang. Adapun versi paling baru dari ColorOS adalah ColorOS 14 berbasis Android 14 terbaru.

Baca juga: Jadwal Update ColorOS 14 dan Daftar HP Oppo yang Kebagian

Bersamaan dengan pencapaian 600 juta pengguna ColorOS secara global, Oppo juga mengungkap bahwa program ColorOS 14 beta telah mengumpulkan peminat lebih dari 230.000 pengguna.

ColorOS 14 versi stabil dijadwalkan meluncur di panggung acara Oppo Developer Conference di Shanghai Expo Center pada 16 November 2023,sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Kamis (16/11/2023). 

Adapun ponsel Oppo yang akan menerima pembaruan stabil ColorOS 14 pertama kali setelah rilis resmi adalah:

  • Oppo Find N2
  • Oppo Find N2 Flip
  • Oppo Find X6 Pro
  • Oppo Find X6
  • OnePlus 11
  • Oppo Reno9 Pro 5G

Dari daftar di atas, hanya ponsel Oppo Find N2 Flip saja yang masuk Indonesia. Setelah enam perangkat di atas, ColorOS 14 berbasis Android 14 juga akan digelontorkan ke ponsel Oppo dan OnePlus model lain yang kompatibel.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Oppo Find N3, Smartphone Lipat yang Tidak Biasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com