Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 21/01/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar yang perlu diketahui pengguna dalam mengoperasikan iPhone. Salah satunya adalah cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone. Cara ini diperlukan terutama saat pengguna tak sengaja menghapus fotonya di iPhone.

Sama seperti ponsel pada umumnya, foto di iPhone semuanya tersimpan dengan baik di galeri. Setiap kali pengguna mengambil foto dari kamera iphone, foto tersebut bakal otomatis tersimpan di galeri.

Baca juga: 14 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di iPhone dengan Mudah dan Praktis

Foto-foto yang diterima lewat pengiriman di berbagai platform juga bisa tersimpan di galeri iPhone. Pengguna bisa melihat kembali foto-foto tersebut di galeri iPhone. Foto kini bisa dibilang menjadi barang yang cukup penting karena dapat menyimpan kenangan berharga.

Namun, dalam kondisi tertentu, saat melihat kembali foto dengan momen berharga di galeri iPhone, pengguna bisa saja tak sengaja menghapusnya. Kehilangan foto dengan momen berharga itu mungkin bisa membuat pengguna sedih dan ingin mengembalikannya lagi.

Oleh karena itu, pengguna penting untuk mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone. Lantas, bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone

Cara melihat foto yang dihapus di iPhone dan mengembalikannya itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP, yang bisa dilakukan pengguna dengan mudah dan praktis.

Salah satunya yang paling mudah adalah pengguna bisa mencari foto yang telah terhapus di folder Recently Deleted. Kemudian, pengguna juga bisa mengembalikan foto yang terhapus di HP melalui beberapa layanan Cloud.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap soal beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone adalah sebagai berikut.

1. Cek di folder Recently Deleted

Sebagaimana sempat disebutkan di atas, cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone yang pertama adalah dengan memeriksa di folder Recently Deleted. Folder tersebut bisa ditemukan di galeri iPhone dengan mudah.

Untuk diketahui, setelah foto dihapus, foto itu sebetulnya belum dihapus secara penuh dari iPhone. Foto itu masih tersimpan di folder Recently Deleted dalam kurun waktu 40 hari sejak dihapus. Selama waktu itu, pengguna masih bisa memulihkannya lagi.

Untuk mengakses folder Recently Deleted di iPhone, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal buka galeri iPhone dan klik menu “Album”. Setelah itu, pilih folder Recently Deleted atau Baru Dihapus.

Kemudian, di folder tersebut, pengguna bakal bisa melihat semua foto yang terhapus dan mengembalikannya lagi ke galeri iPhone.

2. Periksa di iCloud.com

Cara yang kedua adalah dengan memeriksa di website iCloud.com. Untuk diketahui, website itu merupakan website dari iCloud, layanan penyimpanan Cloud khusus untuk perangkat buatan Apple.

Penyimpanan iCloud bakal otomatis aktif ketika pengguna login Apple ID di iPhone. Saat sudah iCloud dan iPhone sudah tersinkronisasi, data-data di iPhone akan dicadangkan secara otomatis pula ke iCloud.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com