Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop biar Internetan Lancar, Mudah dan Praktis

Kompas.com - Diperbarui 01/02/2024, 06:43 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengatasi WiFi lemot di laptop kiranya menjadi panduan yang perlu diketahui pengguna. Cara tersebut bakal dibutuhkan terutama ketika pengguna sedang mengakses internet di laptop dengan jaringan WiFi, tetapi koneksinya sangat lambat.

Masalah koneksi WiFi lemot di laptop bisa dibilang merupakan masalah yang umum terjadi. Meski umum, saat masalah ini terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan. Pasalnya, pengguna jadi tidak bisa mengakses internet di laptop dengan lancar.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Masalah WiFi lemot di laptop dapat terjadi kapan saja. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi WiFi lemot di laptop. Lantas, bagaimana cara agar WiFi tidak lemot di laptop?

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu penyebab WiFi lemot di laptop. Lalu, kenapa WiFi lemot di laptop dapat terjadi? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai penyebab WiFi lemot di laptop dapat terjadi.

Penyebab WiFi lemot di laptop

Ada beberapa penyebab WiFi lemot di laptop. Adapun penyebab yang paling umum terjadi adalah posisi laptop terlampau jauh dengan perangkat router, sehingga tidak dapat menangkap sinyal WiFi secara optimal.

Kemudian, penyebab sinyal WiFi lemah di laptop adalah terdapat gangguan pada sistem laptop. Selain itu, gangguan yang bisa membuat sinyal WiFi lemot di laptop juga bisa datang dari router yang digunakan.

Gangguan-gangguan itu pada dasarnya bisa diatasi secara mandiri oleh pengguna jika terjadi masalah koneksi WiFi lemot di laptop. Lantas, bagaimana cara agar WiFi tidak lemot di laptop?

Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi lemot di laptop dengan mudah dan praktis, sehingga bisa lancar internetan kembali.

Cara mengatasi WiFi lemot di laptop

Ada beberapa cara mengatasi WiFi lemot di laptop. Adapun cara yang paling umum dapat dilakukan adalah dengan meletakkan router secara tepat agar dekat dengan laptop. Dengan demikian, laptop dapat menerima sinyal WiFi dari router secara optimal.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang tidak ramai, sehingga koneksi internet dari WiFi di laptop tidak banyak gangguan. Adapun penjelasan beberapa cara mengatasi WiFi lemot di laptop adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan benar

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di perangkat.

Oleh karena itu, supaya sinyal WiFi menjadi kuat, pengguna perlu memosisikan router dengan benar. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

2. Ubah posisi antena router

Router dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika router memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com