Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian WiFi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

Kompas.com - 18/12/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WiFi (Wireless Fidelity) merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menghubungkan perangkat ke internet. WiFi menjadi kebutuhan utama dalam mendukung aktivitas sehari-hari mulai dari kegiatan produktif hingga sekadar hiburan.

Saat ini jaringan WiFi mudah dijangkau masyarakat di mana pun berada, terutama di sektor publik. Adanya WiFi yang tersedia di berbagai tempat membuat siapa pun lebih mudah dan murah dalam mengakses internet.

Selain semakin mudah dalam menjangkau berbagai platform, WiFi ini juga mendukung masyarakat saling terhubung, terutama dalam komunikasi.

Untuk mengulas lebih lanjut, selengkapnya berikut ini uraian pengertian, cara kerja, dan jenis-jenis WiFi yang hadir mendukung kegiatan sehari-hari.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung ke WiFi dengan Mudah

Pengertian WiFi

Dilansir dari laman Geeks for Geeks, WiFi merupakan singkatan dari "Wireless Fidelity," yaitu istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada standar komunikasi nirkabel yang memungkinkan perangkat terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel fisik.

WiFi berfungsi seperti Jaringan Area Lokal (LAN) yang memungkinkan perangkat seperti laptop, ponsel, kamera digital, dan smart TV terhubung ke internet atau saling berkomunikasi tanpa kabel.

Pertama kali dikenalkan pada tahun 1999 di Atlanta oleh Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA), WiFi merupakan merek konsumen untuk produk "Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11".

WECA memperkenalkan WiFi sebagai upaya untuk menyederhanakan nama yang panjang dan sulit diingat dari produk tersebut, yang sebelumnya dikenal sebagai "IEEE 802.11b Direct Sequence".

Perangkat komputasi seluler modern umumnya mendukung WiFi, dan koneksi WiFi dapat dibuat melalui titik akses atau stasiun pangkalan ke perangkat klien.

Jangkauan koneksi WiFi tergantung pada router yang menyediakan frekuensi radio melalui WiFi. Wi-Fi beroperasi pada dua jenis bandwidth, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz, yang dapat dipilih tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna.

Baca juga: 2 Cara Melihat Password WiFi di HP Android dan iPhone dengan Mudah

Kegunaan WiFi

WiFi membuat koneksi nirkabel sehingga kita dapat menggunakannya untuk tujuan:

  • Membantu perangkat untuk bertukar informasi satu sama lain dengan membuat jaringan.
  • Temukan aplikasi di jaringan mesh nirkabel.
  • Membantu dalam menggunakan perangkat Internet of Things.
  • Bertindak sebagai hotspot untuk menawarkan akses sementara ke perangkat berkemampuan Wi-Fi sehingga mereka tidak mengetahui detail jaringan utama.
  • Bertindak sebagai sistem penentuan posisi untuk mengenali area perangkat dengan mendeteksi penempatan hotspot Wi-Fi.
  • Membangun koneksi nirkabel sederhana yang disebut jaringan Point to Point untuk menghubungkan dua lokasi yang tidak dapat diakses melalui kabel.

Cara kerja WiFi

WiFi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mentransmisikan jaringan, dengan frekuensinya dibagi menjadi beberapa saluran untuk menghindari interferensi dan lalu lintas yang padat.

Saat pengguna mengakses internet melalui perangkatnya, informasi yang diminta diubah menjadi kode biner. Proses selanjutnya melibatkan terjemahan kode biner ke dalam frekuensi gelombang, dan ini dilakukan dengan bantuan chip WiFi yang tertanam di perangkat.

Dalam spektrum gelombang elektromagnetik, WiFi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan informasi antara router dan perangkat melalui berbagai frekuensi.

Penggunaan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz tergantung pada jenis data yang dikirim, di mana frekuensi yang lebih tinggi mengizinkan pengiriman data yang lebih besar per detik. Ada tiga media transmisi sinyal WiFi yang utama:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com