Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Huawei Pocket 2 Meluncur dengan 4 Kamera dan Komunikasi Satelit

Kompas.com - 25/02/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Huawei kembali meramaiakan pasar smartphone lipat dengan meluncurkan Pocket 2. Smartphone ini memiliki desain lipat seperti kerang atau sering disebut clamshell.

Huawei Pocket 2 merupakan suksesor dari P50 Pocket yang rilis tahun 2021. Sebab, smartphone ini ditenagai dengan chip Kirin 9000S, sama seperti ponsel flagship Huawei lainnya yaitu Mate 50 series.

Pada aspek desain, secara umum Huawei Pocket 2 persis seperti P50 Pocket atau Pocket S yang rilis November 2022. Meski begitu, Huawei memberi sedikit polesan berbeda.

Misalnya pada desain engsel yang lebih samar di Pocket 2, ketimbang Pocket S atau P50 Pocket, khususnya ketika ponsel dibentangkan. Selain itu, ukuran layar luar atau sekunder Pocket 2 juga sedikit lebih besar yaitu 1,15 inci dibanding Pocket S yang menawarkan layar luar 1,04 inci.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei P50 Pocket Dirilis, Pesaing Galaxy Z Flip

Huawei juga meningkatkan aspek kamera. Pocket 2 dibekali kamera utama 50 MP, lebih besar dari dua pendahulunya yang hanya 40 MP. Terlepas dari perbedaan resolusinya, desain modul kameranya masih sama persis, yaitu berbentuk lingkaran sebaris dengan layar sekunder ponsel.

Spesifikasi Huawei Pocket 2

Huawei Pocket 2 hadir dengan layar utama LTPO OLED 6,94 inci. Layarnya juga didukung refresh rate adaptif dari 1 Hz - 120 Hz dan touch sampling rate 300 Hz. Layar luar Huawei Pocket 2 juga memiliki panel yang sama dengan layar utama, tetapi ukurannya 1,15 inci dengan resolusi 2690 x 1136 dan refresh rate 60 Hz.

Huawei Pocket 2Huawei Huawei Pocket 2

Smartphone lipat ini ditenagai System on Chip (SoC) Kirin 9000S (7 nm), dipadukan dengan RAM 12 GB dan storage mulai dari 256 GB sampai 1 TB.

Pada aspek kamera, Huawei Pocket 2 dibekali empat kamera belakang. Resolusinya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.6) dengan fitur stabilisasi OIS, kamera ultrawide 12 MP, kamera telefoto 8 MP dengan zoom optis 3x, dan sensor hyperspectral 2 MP.

Ponsel ini juga memiliki kamera depan dengan resolusi 10,7 MP. Resolusinya sama seperti Pocket S atau P50 Pocket.

Pada aspek daya, Huawei Pocket 2 dibekali baterai berkapasitas 4.520 mAh. Pengisian ulangnya didukung fast charging 66 watt lewat kabel, atau 40 watt nirkabel.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi (OS) HarmonyOS 4.0, yaitu sistem operasi bikinan Huawei sendiri, bukan Android dari Google.

Baca juga: Disebut Bakal Setop Jualan Ponsel Lipat, Oppo Membantah

Karena tak pakai OS Android, Huawei Pocket 2 otomatis tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik ponsel tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Pengguna biasanya harus mengakses layanan Google tersebut melalui browser untuk bisa menggunakannya, tidak bisa dari aplikasi.

Sebagai ganti Google Mobile Services, ponsel Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Fitur lain yang ada di Huawei Pocket 2 meliputi sertifikasi IPX8 untuk ketahanan dari air dan debu, serta fitur komunikasi satelit dihimpun KompasTekno dari situs web Huawei China, Minggu (25/2/2024).

Huawei Pocket 2Huawei Huawei Pocket 2

Harga Huawei Pocket 2

Smartphone lipat Huawei ini baru diluncurkan di China dalam empat opsi warna, yaitu Elegant Black, Rococo White, Tahitian Grey dan Taro Purple. Harganya sebagai berikut:

Harga Huawei Pocket 2 RAM 12 GB/256 GB - 7.499 yuan (sekitar Rp 16,2 juta)
Harga Huawei Pocket 2 RAM 12 GB/1 TB - 8.999 yuan (sekitar Rp 19,5 juta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com