Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mengatasi "Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam"

Kompas.com - 29/02/2024, 13:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa masalah mengenai akun yang umum terjadi pada aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu masalah itu adalah akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam.

Dalam hal ini, pengguna kiranya perlu mengetahui tentang cara mengatasi akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam. Pasalnya, saat masalah itu terjadi, pengguna bakal kerepotan.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Kita Disimpan atau Tidak, Mudah dan Praktis

Pengguna tak akan bisa memakai WhatsApp. Ketika membuka aplikasi, pengguna hanya akan melihat tulisan ini “akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” dan tidak bisa mengakses semua layanan WhatsApp, termasuk chat dan telepon.

Tulisan “akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” mengindikasikan bahwa akun WA diblokir. Lantaran masalah ini umum terjadi dan bakal merepotkan, pengguna penting untuk mengetahui cara mengatasinya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini soal cara mengatasi akun WhatsApp diblokir karena spam.

Penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam. Lantas, kenapa ada tulisan akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp karena spam?

Perlu diketahui, tulisan “akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp karena spam” bakal muncul di halaman awal aplikasi WhatsApp sebelum masuk ke halaman daftar obrolan. Saat muncul, pengguna tak akan bisa melewatinya.

Alhasil, pengguna tak akan bisa mengakses semua layanan WhatsApp. Kemunculan pesan tersebut menjadi pertanda bahwa akun WA pengguna telah diblokir oleh pihak WhatsApp. Penyebab dari masalah ini sebenarnya bisa dilihat secara singkat dari isi pesannya.

Penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam adalah pengguna disinyalir telah melakukan pelanggaran atas beberapa ketentuan layanan WhatsApp.

Beberapa pelanggaran itu antara lain seperti spam, penipuan, atau aktivitas lain membahayakan keamanan pengguna WhatsApp. Ketentuan layanan WhatsApp bisa dibaca lebih lanjut di tautan ini.

Dengan penjelasan seperti itu, masalah akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam bisa terjadi akibat pengguna dinilai telah terlibat atau melakukan aktivitas pengiriman pesan secara massal yang mengganggu (spam).

Ketika pengguna melanggar ketentuan layanan WhatsApp, misalnya mengirim pesan spam, maka pihak WhatsApp bakal melakukan pemblokiran akun. Lalu, berapa lama akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp karena spam?

Masa akun WA diblokir karena spam bisa berbeda-beda, bergantung keputusan pihak WhatsApp. Akun WA diblokir karena spam bisa berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Baca juga: Ramai Akun WA Diblokir Sementara, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Itulah penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam. Saat sudah diblokir, pengguna sejatinya masih memiliki upaya untuk memulihkannya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi akun WhatsApp diblokir karena spam.

Cara mengatasi akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam

Cara mengatasi akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam itu sejatinya cukup mudah. Untuk mengatasi, syaratnya pengguna dapat membuktikan bahwa akun miliknya tidak melakukan pelanggaran ketentuan seperti yang disangkakan pihak WhatsApp.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com