Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Fitur di WhatsApp yang Diduga Bisa buat Selingkuh, Apa Itu?

Kompas.com - 05/02/2024, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, ramai pembicaraan di media sosial X (dulu Twitter) mengenai salah satu fitur di aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang banyak dinilai warganet dapat digunakan untuk selingkuh.

Baca juga: Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp Berbeda Tiap Kontak dengan Mudah

Keramaian pembicaraan soal fitur WA yang diduga bisa buat selingkuh, salah satunya muncul melalui twit dari akun base dengan handle @tanyarlfess, sebagaimana yang tertera di bawah ini.

Pada twit tersebut, pengirim bertanya pada pada pengguna lain apakah telah mengetahui fitur WA itu dan dia menilai jika fitur tersebut cukup mengerikan. Pengirim juga menyertakan tangkapan layar video TikTok yang menduga jika fitur WA itu mendukung buat selingkuh.

Banyak pengguna lain di kolom komentar yang setuju jika salah satu fitur WhatsApp itu dapat mendukung selingkuh. Sementara itu, video TikTok yang menyebut jika terdapat fitur WA yang bisa buat selingkuh datang dari akun dengan handle @idijafar.

Pada salah satu video TikTok dari @idijafar, terdapat pengguna yang menjelaskan, WhatsApp sekarang punya fitur yang mendukung untuk selingkuh. Kemudian, pengguna itu juga menunjukkan bagaimana pengoperasian dari fitur WhatsApp tersebut.

Melihat keramaian ini, lantas sebenarnya fitur WhatsApp apa itu? Perlu diketahui, fitur WhatsApp yang tengah ramai dibicarakan warganet di medsos itu pada dasarnya merupakan fitur Secret Code WA.

Lalu, apa itu Secret Code WA? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai fitur Secret Code WA yang ramai di medsos karena diduga bisa mendukung selingkuh.

Apa itu Secret Code WA?

Perlu diketahui, Secret Code WA merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan chat yang telah dikunci dengan kode rahasia. Pengguna bisa membuat komposisi kode rahasia secara bebas sesuai keinginan.

Secret Code WA menjadi satu bagian dalam fitur Lock Chat, yang telah digelontorkan lebih dulu sejak Mei 2023. Sementara itu, fitur Secret Code baru digelontorkan di WhatsApp sekitar akhir tahun kemarin.

Dengan Secret Code, chat yang telah dikunci menggunakan fitur Lock Chat bisa disembunyikan dengan kode rahasia.

Sebagai informasi, saat pengguna mengunci chat dengan fitur Lock Chat, chat bakal tersimpan dalam folder “Locked Chats” yang muncul di bagian paling atas daftar pesan, berbarengan dengan folder “Archived” jika diaktifkan.

Folder “Locked Chats” yang berisi chat terkunci itu bisa disembunyikan dengan menambahkan kode rahasia. Setelah kode rahasia ditambahkan lewat Secret Code, folder “Locked Chats” bakal disembunyikan dari bagian paling atas daftar pesan.

Untuk menemukan chat yang dikunci, pengguna bisa memasukkan kode rahasia yang telah ditambahkannya. Fitur Secret Code WA ini dapat meningkatkan privasi pengguna ketika ponselnya sedang dipinjam orang lain.

Dengan demikian, orang lain yang tengah meminjam ponsel pengguna tak akan bisa sembarangan membuka chat penting yang dikunci pengguna karena untuk menemukannya perlu memasukkan kode rahasia yang dibuat lewat fitur Secret Code WA.

Kemampuan fitur Secret Code di WhatsApp itulah yang membuatnya ramai diduga bisa mendukung selingkuh. Akan tetapi, fitur Secret Code WA sejatinya tidak ditujukan untuk mendukung aktivitas selingkuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com