Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Voice Note WhatsApp Sekali Lihat agar Langsung Hilang Setelah Dibuka

Kompas.com - 18/12/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp atau biasa disingkat WA, kedatangan fitur baru yang menarik untuk dicoba. Adapun fitur baru itu adalah fitur View Once (sekali lihat) untuk pesan suara atau Voice Note (VN). Fitur View Once pada dasarnya bukan fitur baru di WhatsApp.

Sebagaimana cukup umum diketahui, fitur View Once telah hadir untuk foto, gambar, atau video. Dengan fitur itu, pengguna bisa mengirim foto, gambar, atau video yang hanya tayang dalam satu kali kesempatan.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan Kode Rahasia, Sudah Bisa Dicoba

Pengguna lain yang menerima foto sekali lihat hanya akan bisa membukanya sekali. Setelah dibuka, foto tersebut bakal lenyap dari ruang obrolan WhatsApp. Penerima pesan juga tidak bisa melakukan screenshot pada foto yang dikirim dalam mode View Once.

Kini, fitur View Once diperluas. Pengguna sekarang bisa mengirim Voice Note WA dalam mode View Once. Voice Note WA sekali lihat memiliki efek yang mirip dengan foto sekali lihat. Pengguna lain yang menerima VN itu juga hanya bisa melihatnya sekali.

Setelah ditutup, Voice Note WA sekali lihat bakal langsung hilang dan tak bisa diputar lagi. Pengguna lain yang menerimanya pun juga tidak bisa melakukan screenshot pada VN WA yang dikirim dalam mode View Once.

Fitur Voice Note WA sekali lihat berguna untuk meningkatkan privasi pengguna, terutama ketika pengguna hendak mengirim pesan suara yang bersifat penting, tetapi tidak ingin terdokumentasikan oleh penerimanya.

Dalam hal ini, pengguna mungkin ingin mengetahui cara kirim Voice Note WhatsApp sekali lihat. Lantas, bagaimana cara membuat Voice Note WA sekali lihat?

Jika tertarik untuk menjajalnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara kirim Voice Note WhatsApp sekali lihat dengan mudah agar pesan suara langsung hilang setelah dibuka.

Baca juga: 3 Fitur Baru WhatsApp di iPhone, Ada Pesan Suara Sekali Dengar

Cara membuat Voice Note WA sekali lihat

Cara membuat Voice Note WA sekali lihat itu cukup muda. Pengguna dapat menjumpai opsi View Once saat tengah membuat pesan suara WhatsApp. Adapun penjelasan lebih detail soal cara kirim VN WA sekali lihat adalah sebagai berikut:

  • Buka salah satu ruang obrolan di aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk dan tahan ikon mikrofon untuk mulai membuat Voice Note.
  • Pada bar kecil perekaman Voice Note, klik ikon lingkaran putus-putus yang di dalamnya terdapat angka satu (1) untuk mengaktifkan mode View Once.
  • Jika mode View Once pada VN aktif, bakal muncul peringatan seperti ini “Voice message set to view once”.
  • Selanjutnya, selesaikan rekaman Voice Note dan kirim ke ruang obrolan.
  • Voice Note bakal terkirim di ruang obrolan dengan mode sekali lihat.
  • Saat VN itu dibuka oleh penerima pesan dan ditutup, dia tidak akan lagi bisa membukanya. Penerima pesan juga tidak akan bisa melakukan screenshot pada Voice Note WA sekali lihat, sama seperti pada foto sekali lihat.

Ilustrasi cara kirim Voice Note WA sekali lihat.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara kirim Voice Note WA sekali lihat.

Cukup mudah bukan cara kirim Voice Note WhatsApp sekali lihat? Dengan Voice Note WA sekali lihat, pengguna bisa mengirim pesan suara tanpa khawatir pesan itu bakal disimpan atau didokumentasikan oleh orang lain.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara kirim VN WA sekali lihat dengan mudah. Sebagai informasi tambahan, tutorial di dijajal pada aplikasi WhatsApp untuk iPhone versi 23.25.81.

Fitur Voice Note WA sekali lihat ini tampaknya sudah bisa diakses oleh pengguna secara umum. Jika belum mendapatkan fitur tersebut, cobalah untuk memperbarui dulu versi aplikasi WhatsApp lewat masing-masing toko aplikasi di HP.

Baca juga: Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Lagu TikTok, Mudah

Seandainya belum juga mendapatkannya, harap bersabar sejenak. Pasalnya, fitur baru seperti Voice Note WA sekali lihat ini biasanya masih digelontorkan secara bertahap.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a

Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com