Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Aplikasi Android di Windows 11 Tinggal Setahun Lagi

Kompas.com - 06/03/2024, 18:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dukungan sistem operasi (OS) Windows 11 untuk aplikasi Android akan disetop pada tahun ini. Hal ini diumumkan langsung oleh Microsoft.

Menurut Microsoft, meski dukungan aplikasi Android di Windows 11 disetop pada tahun ini,  pengguna yang sudah menginstal aplikasi Android masih bisa menjalankannya sampai 5 Maret 2025.

"Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows Subsystem for Android (WSA). Dengan begitu, Amazon Appstore di Windows dan semua aplikasi dan game yang bergantung ke WSA tidak lagi didukung mulai 5 Maret 2025," demikian keterangan Microsoft dikutip dari laman Microsoft Learn, Rabu (6/3/2024).

Setelah 5 Maret 2025 pengguna Windows 11 tidak bisa lagi menjalankan aplikasi Android yang sudah terinstal sebelumnya.

Pada dasarnya Windows dan Android adalah sistem operasi yang berbeda. Namun karena teknologi WSA, perangkat dengan Windows 11 bisa menginstal dan menjalankan hampir semua aplikasi Android dari toko aplikasi Android Amazon, Amazon Appstore.

Baca juga: Riset: Pengguna Android Banyak yang Beralih ke iPhone Lawas

Dukungan itu juga hadir karena kerja sama antara Microsoft dengan Amazon. Sayangnya dukungan itu disetop tahun ini, meskipun Microsoft tak merinci tanggalnya.

Menyusul keputusan itu, Amazon juga mencegah pengguna baru mengunduh Amazon Appstore dari toko aplikasi Microsoft Store mulai hari ini, Rabu (6/3/2024). Caranya dengan menghapus toko tersebut saat ditelusur pengguna dari Microsoft Store.

Perusahaan milik Jeff Bezos itu juga mencegah pengembang mengirimkan aplikasi baru yang ditujukan untuk Windows 11.

ilustrasi Windows 11CNET ilustrasi Windows 11

Meski begitu, Amazon menegaskan pihaknya akan terus memberikan pembaruan ke Amazon Appstore yang sudah diinstal pengguna Windows.

"Pelanggan bisa terus memakai aplikasi Amazon Appstore yang sudah mereka instal dan masih bisa menerima pembaruan aplikasi (setelah 6 Maret 2024)," kata pihak Amazon dikutip dari laman Amazon Appstore Developer.

Tidak bisa akses Google Play Store

Meski secara teori WSA memungkinkan pengguna Windows 11 menginstal aplikasi Android, dukungannya terbilang terbatas karena tidak memiliki akses ke Google Play Store.

Baca juga: Saat Elon Musk Marah-marah ke Microsoft Setelah Beli Laptop Windows Baru...

Selain itu jumlah aplikasi Android di Amazon Appstore yang bisa digunakan di Windows, juga lebih terbatas. Dalam beberapa kasus, pengguna seringkali disarankan untuk mengunduh aplikasi versi Windows saja atau versi web.

Jadi, ada kemungkinan jumlah pengguna layanan WSA cenderung rendah, dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (6/3/2024). Boleh jadi ini pula yang membuat Microsoft menyetop dukungan WSA.

Bagi pengguna Windows yang ingin menginstal aplikasi Android, sebenarnya masih ada beberapa alternatif lain. Contohnya Waydroid yang menyediakan dukungan aplikasi Android lewat sistem berbasis Linux. Alternatif lainnya yaitu BlueStacks yang berfungsi sebagai emulator Android untuk Windows dan macOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com