Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Aplikasi Penunjang Ibadah Puasa Ramadhan 2024 buat HP Android dan iPhone

Kompas.com - 11/03/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tak terasa bulan Ramadhan (kata baku: Ramadan) telah tiba. Sama seperti Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, di bulan Ramadhan 2024 (Ramadan 1445 H), umat muslim akan menjalani ibadah puasa satu bulan penuh.

Selama menjalani ibadah puasa Ramadhan 2024, ada beberapa kebutuhan yang kiranya perlu disiapkan dan dilaksanakan pengguna, seperti menyiapkan informasi jadwal buka puasa dan imsak, memperbanyak membaca Al-Qur’an, serta masih banyak lagi.

Baca juga: Link dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Motis 2024 dengan Kereta, Buka mulai Pukul 10.00

Untuk memenuhi kebutuhan itu, terdapat aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan 2024 yang dapat dipakai pengguna. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki beragam layanan dan fitur yang dapat membantu pengguna menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya.

Lantas, apa saja aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan 2024? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak daftar di bawah ini tentang beberapa aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan.

Daftar aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan

Ada banyak aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan 2024 yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, pengguna bisa memakai aplikasi yang menyediakan jadwal ibadah, termasuk jadwal salat, imsak, dan jadwal buka puasa. Contoh aplikasi ini adalah Muslim Go.

Kemudian, pengguna juga bisa memakai aplikasi dengan fitur yang memudahkan membaca Al-Qur’an, salah satunya seperti aplikasi Al Quran Indonesia.

Selain contoh itu, masih banyak lagi aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan yang dapat dipakai. Adapun beberapa aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan 2024 yang lebih lengkap adalah sebagai berikut.

1. Muslim Go

Ilustrasi aplikasi Muslim Go.Google Play Store Ilustrasi aplikasi Muslim Go.

Aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan yang pertama adalah Muslim Go. Aplikasi ini menyediakan jadwal ibadah yang bakal diperbarui setiap harinya. Pengguna bisa mengetahui waktu salat, imsak, dan buka puasa lewat aplikasi ini.

Muslim Go juga dibekali notifikasi dan suara azan sebagai penanda masuknya waktu ibadah yang disesuaikan dengan lokasi pengguna berada. Selain itu, Muslim Go dibekali pula dengan fitur arah kiblat, kumpulan doa, serta artikel fiqih dan aqidah.

Aplikasi jadwal imsak dan buka puasa ini bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

2. Muslim Pro

Ilustrasi aplikasi Muslim ProApp Store Ilustrasi aplikasi Muslim Pro

Aplikasi penunjang ibadah puasa Ramadhan yang berikutnya adalah Muslim Pro. Aplikasi ini dibekali fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui waktu salat, imsak, dan buka puasa, sehingga dapat membantu melaksanakan ibadah tepat waktu.

Pengguna bakal menerima notifikasi jadwal ibadah dari aplikasi Muslim Pro yang disesuaikan dengan lokasi terkini. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur Al-Quran bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio.

Selain itu, Muslim Pro dilengkapi juga dengan fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal dan masjid. Aplikasi ini bisa diunduh lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com