Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A55 Resmi Meluncur, Chip Exynos 1480 Harga Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 11/03/2024, 16:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan smartphone seri A terbarunya, Galaxy A55 5G pada Senin (11/3/2024). Ponsel ini merupakan penerus Samsung Galaxy A54 yang meluncur Maret 2023.

Jika Galaxy A54 dulu membawa penyegaran pada desain, Samsung A55 5G menghadirkan peningkatan dari segi software dan performa. Mulai dari chipset yang lebih ngebut, fitur kamera baru, layar lebih besar, hingga fitur AI ala flagship dan lapisan keamanan baru.

Samsung Indonesia mengumumkan Galaxy A55 5G masuk pasar Tanah Air dan langsung dapat dipesan pada hari ini juga.

Di Indonesia, Samsung Galaxy A55 menyasar pengguna usia muda. Galaxy A55 juga disebut-sebut sebagai HP anak muda. Sebab, desainnya dibuat kekinian supaya cocok dengan gaya anak muda.

Fitur-fitur yang disebut tadi juga cocok dengan kebiasaan anak muda yang multitasking, gemar bermain konten, dan sangat memperhatikan kualitas konten.

“Ada tiga hal utama yang kami hadirkan ke Samsung Galaxy A55, yakni Awesome Camera (kamera), Awesome Performance (chipset), dan Awescome Durability (ketahanan). Target konsumennya adalah pengguna “Epic Storyteller”, mereka yang berfokus pada desain, komposisi, dan estetika konten,” tambah MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indraman, kepada KompasTekno, dalam acara temu media di Jakarta.

Baca juga: Momen Magis Konser Taylor Swift di Singapura dalam Bidikan Samsung Galaxy S24 Ultra

Spesifikasi Samsung Galaxy A55 5G

Samsung Galaxy A55 datang dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar daripada Samsung A54 5G. Perbedaanya mungkin tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena selisihnya hanya 0,2 inci saja.

Di atas kertas, ponsel Android Samsung ini dilengkapi layar Super AMOLED 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan rasio layar 19,5:9.

Bodi depan dan punggung Samsung A55 kini juga dilapisi Corning Victus Plus dan frame bodinya sudah menggunakan bahan metal, tidak lagi plastik seperti pendahulunya.

Sejatinya, Samsung Galaxy A55 masih mewarisi desain pendahulunya yang mirip ponsel flagship Samsung S23. Yang mana, bagian punggungnya tidak terdapat modul kamera belakang. Tiga kamera belakang dibenamkan langsung ke punggung.

Hanya saja, di sisi bodi kanan dan kirinya, Samsung melakukan modifikasi desain baru yang diberi nama “Key Island Design”. Desain baru ini membuat keempat sisi bodi datar, tetapi di bagian tombol volume dan daya dibuat lebih menonjol dari bagian lain.

Baca juga: IDC: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia 2023, Samsung Teratas

Samsung Galaxy A55 5G yang hadir dalam tiga opsi warna, yakni Awesome IceBlue, Awesome Lilac, dan Awesome NavyKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Samsung Galaxy A55 5G yang hadir dalam tiga opsi warna, yakni Awesome IceBlue, Awesome Lilac, dan Awesome Navy

Soal kamera, konfigurasi yang dihadirkan masih serupa dengan Samsung A54 5G. Tiga kamera belakangnya masing-masing beresolusi kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP.

Walau resolusinya sama, kamera utama 50 MP tadi dilengkapi dengan fitur AutoFokus (AF), OIS (Optical Image Stabilization/penstabil gambar) dengan sudut 1,5 derajat, Adaptive VDIS, dan 4K Stabilization. Kehadiran dua fitur tadi diklaim dapat membuat hasil potret bebas dari guncangan.

Sedangkan kamera depan Samsung Galaxy A55 memiliki resolusi 32 MP, disematkan ke dalam punch hole di atas tengah layar.

Samsung juga menghadirkan HDR Video dan meningkatkan kemampuan Nightography. Ditambah, kamera ultrawide 12 MP kini memiliki sensor kamera lebih besar dibanding pendahulunya, yakni mencapai 2 mikrometer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com