Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition Resmi di Indonesia

Kompas.com - 14/03/2024, 10:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan tablet terbarunya, Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition di Indonesia, pada Kamis (14/3/2024). Tablet ini merupakan versi baru dari Huawei MatePad 11.5 keluaran Agustus 2023 lalu.

Adapun yang berbeda dengan tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini adalah layarnya. Huawei seri "PaperMatte" menawarkan layar yang bebas refleksi atau pantulan cahaya.

Layar tablet Huawei 11.5 "PaperMatte" ini juga diklaim menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan layar dengan permukaan matte biasa.

Salah satunya adalah kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan layar tablet ini dalam penggunaan jangka waktu lama, khususnya bagi mata dan otak pengguna. Sebab, layar ini memiliki teknologi anti-glare, yang diklaim mereduksi pantulan cahaya hingga 97 persen.

"Orang yang biasa melihat layar saat ada pantulan cahaya, secara tidak sadar akan terus-menerus menyaring (filter) cahaya itu supaya bisa melihat layarnya," kata Edy Supartono, Training Director Huawei Device Indonesia di kantor Huawei, Rabu (13/3/2024).

Baca juga: Huawei-Telkomsel Resmikan Gudang Canggih dengan Teknologi 5G

"Itulah yang membuat otak kita cepat lelah ketika melihat layar tablet. Jika dibandingkan dengan layar matte atau anti-scratch matte, layar PaperMatte bisa membuat pantulan cahaya hampir tidak kelihatan meski di bawah lampu neon," imbuh Edi.

Perbandingan layar Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition (kiri) dan tablet lain dengan layar anti-glare non-PaperMatte (kanan). Terlihat bahwa tablet dengan layar PaperMatte minim pantulan cahaya.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Perbandingan layar Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition (kiri) dan tablet lain dengan layar anti-glare non-PaperMatte (kanan). Terlihat bahwa tablet dengan layar PaperMatte minim pantulan cahaya.
Menyoal kenyamanan ini, layar PaperMatte sudah mengantongi sertifikat dari SGS dan TUV Rheinland.

Tablet ini diklaim sebagai yang pertama mengantongi sertifikat SGS Low Visual Fatigue Premium Performance. Dengan sertifikasi ini, indeks kelelahan otak disebut berkurang 20 persen saat menggunakan tablet, dan kelelahan mata berkurang 41 persen.

Selain SGS, Huawei MatePad 11.5 edisi PaperMatte juga dikatakan sebagai tablet pertama yang mendapatkan sertifikat TUV Rheinland Reflection Free. Seperti namanya, Reflection Free merujuk pada kemampuan layar untuk meminimalisasi pantulan cahaya.

Sertifikasi berikutnya adalah TUV Rheinland Low Blue Light & Flicker-free. Tablet dibekali teknologi yang mengurangi paparan cahaya biru (blue light) dan flicker yang berbahaya.

Dengan fitur dan berbagai sertifikasi ini, Huawei berusaha menanggulangi isu-isu kesehatan yang sering muncul saat menggunakan gadget, seperti rabun dekat, pusing-pusing, kesulitan berkonsentrasi, dan produktivitas yang berkurang.

Karena fitur anti-glare, pengguna pun bakal lebih nyaman ketika ingin membaca novel, komik hitam putih, komik berwarna, dan buku yang di-scan, dengan menggunakan Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition.

Sehubungan dengan itu, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur eBook Mode untuk membuat pengalaman membaca lebih nyaman.

Ketika masuk mode ini, tampilan warna RGB (Red, Green, Blue) akan diubah menjadi CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Key/Black). Tampilan CMYK biasanya digunakan untuk komik cetak berwarna, sehingga mode warna ini bisa dibilang lebih akurat ketimbang RGB.

Baca juga: TWS Huawei FreeBuds 4E 2024 Meluncur, Baterai Lebih Awet

Perbandingan warna RGB (kiri) dan CMYK (kanan) di Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition. Warna CMYK lebih pudar, tetapi lebih akurat seperti komik cetak berwarna sebenarnya.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Perbandingan warna RGB (kiri) dan CMYK (kanan) di Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition. Warna CMYK lebih pudar, tetapi lebih akurat seperti komik cetak berwarna sebenarnya.
Selain CMYK, ada pula mode eBook yang membuat bacaan pengguna menjadi berwarna hitam dan putih (Black and White).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com